oleh

Maksimalkan Nutrisi, Konsumsi Buah Sebelum Nasi

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain kaya akan serat, vitamin, mineral, dan berperan sebagai antioksidan, mengonsumsi buah juga berguna untuk proses detoksifikasi dan merupakan penyedia gula alami.

Hal yang selama ini diketahui, buah selalu berperan sebagai makanan pencuci mulut usai mengonsumsi makanan berat. Padahal, buah justru lebih baik dikonsumsi ketika perut dalam kondisi kosong atau sebelum Anda mulai mengonsumsi makanan berat.

Apa alasannya? Dikutip dari Tabloid Nyata, buah banyak mengandung gas, sehingga akan membuat perut menjadi kembung jika dikonsumsi usai makan berat. Selain itu, buah-buahan juga mengandung gula alami yang akan membutuhkan banyak waktu untuk mencernanya.

Nah, jika dikonsumsi setelah makan nasi, buah-buahan tersebut tentu akan mengalami antre yang panjang untuk diproses. Lantaran sifat buah yang tidak dapat bertahan lama, maka besar kemungkinan jika buah sudah busuk sebelum kandungan nutrisinya dapat diproses dan diserap dengan baik oleh tubuh.

Meskipun sebenarnya sistem pencernaan sudah diciptakan secara sempurna, sehingga makan buah dapat dilakukan kapan saja jika tidak memiliki masalah lambung, mengonsumsi buah sebelum makan nasi akan memberikan hasil yang terbaik, karena nutrisi dalam buah akan lebih banyak diserap oleh tubuh.

Waktu yang disarankan untuk mengkonsumsi buah adalah 20-30 menit sebelum mengonsumsi nasi. Jika masih ingin mengkonsumsi buah setelah makan, maka dapat diberikan jeda tiga jam setelah makan. ** Baca juga: Moo…Peluk Sapi Bikin Seseorang Lebih Rileks

Mengonsumsi buah sebelum nasi juga dapat digunakan sebagai salah satu pola diet. Banyaknya serat dalam buah dapat membuat Anda merasa kenyang sebelum makan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru