oleh

Makanan yang Dapat Bantu Kesehatan Paru-paru

Kabar6-Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah. Prosesnya disebut ‘pernapasan eksternal’ atau bernapas.

Namun, paru-paru yang terus menerus menyedot udara tercemar atau bahan pencemaran, baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti sampah dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan pernapasan seperti bronkitis, asma, dan pneumonia, dan fibrosis kistik.

Nah, untuk menyeimbangkan hal itulah kesehatan para-paru harus dijaga. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang dapat membantu kesehatan paru-paru. Melansir Sindonews, ini dia makanan atau minuman yang di maksud:

1. Salmon
Salmon memiliki asam lemak omega 3 yang membantu menurunkan peradangan di paru-paru dan dapat melawan bakteri pada mereka yang hidup dengan penyakit paru-paru. Selain salmon, ada juga ikan ini baik untuk paru-paru yaitu makerel dan sarden.

2. Minyak zaitun
Minyak zaitun memiliki kemampuan untuk membantu melawan risiko kesehatan terkait dengan polusi udara, seperti tekanan darah yang meningkat dan gangguan pembuluh darah.

3. Teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang membantu menenangkan tubuh, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan. Kuersetin antioksidan bertindak sebagai antihistamin alami yang memperlambat pelepasan histamin yang menyebabkan gejala alergi.

4. Brokoli
Brokolo penuh dengan vitamin C, folat, karotenoid, dan fitokimia yang melawan unsur-unsur merusak di paru-paru. Sayuran hijau ini memiliki senyawa aktif yang disebut L-sulforaphane yang menipu sel untuk mengaktifkan gen anti-inflamasi yang lebih lanjut mencegah penyakit pernapasan.

5. Gandum
Gabungkan makanan biji-bijian seperti beras merah, quinoa, dan gandum utuh. Diet yang kaya karbohidrat sederhana seperti muffin, pasta, nasi, dan roti putih. Biji-bijian ini mampu meningkatkan produksi karbon dioksida dan memberi lebih banyak tekanan pada paru-paru.
** Baca juga: Kenali Ciri Perut Kembung yang Tidak Wajar

Jangan lalai jaga kesehatan paru-paru, ya.(ilj/bbs)