oleh

Makanan yang Bantu Perkuat Tulang

Kabar6-Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Kondisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak. Osteoporosis umumnya baru diketahui setelah ditemukan retak pada tulang, saat pasien mengalami jatuh ringan.

Bagaimana agar tulang menjadi kuat? Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bantu tulang kuat. Melansir carasehat, berikut sejumlah makanan yang dimaksud:

1. Sayur bayam
Bayam mengandung sejumlah besar kalsium untuk menutrisi tulang. Dalam satu mangkuk bayam masak terkandung hampir 25 persen dari kebutuhan kalsium harian.

2. Telur
Merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk menyuplai kebutuhan nutrisi tulang. Hal ini karena kuning telur mengandung enam persen kebutuhan vitamin D harian.

3. Bawang merah & bawang putih
Kedua bumbu dapur tersebut tidak hanya membuat masakan lebih nikmat. Kandungan zat belerang di dalamnya juga ikut membantu menjaga kesehatan tulang.

4. Sarden
Ikan sarden mengandung vitamin D serta kalsium yang membantu menjaga kesehatan tulang dari waktu ke waktu.

5. Susu
Susu mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang mulai dari kalsium, vitamin D, protein, kalium serta fosfor.

6. Buah-buahan
Buah-buahan yang dimaksud adalah tomat, pepaya, jeruk serta pisang yang mengandung potassium, sangat baik dalam mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang. ** Baca juga: Cara Terbaik Perlambat Penuaan Dini dengan Konsumsi Makanan Tertentu

Jaga kesehatan tulang sejak dini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru