oleh

Makanan yang Bantu Hindari Anda dari Rasa Cemas

Kabar6-Tidak sekadar memberikan efek kenyang, para ilmuwan mulai mengenali hubungan antara antara makanan dan otak. Mengonsumsi jenis nutrisi tertentu diketahui baik untuk memberi gelombang rasa tenang dan menghilangkan perasaan khawatir.

Jenis makanan tertentu itu menurut ahli kesehatan dapat membantu siapa saja yang sedang galau dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Melansir magazine.job, berikut adalah beberapa jenis Makanan yang bantu menenangkan kecemasan:

1. Asam lemak omega-3
Menurut Melissa Reagen Brunetti, CNC, seorang ahli nutrisi klinis dan ahli kesehatan, otak kita memiliki energi sangat tinggi dan perlu nutrisi. Kekurangan nutrisi dan pola makan juga dapat mempengaruhi fungsinya, mengubah senyawa kimia otak dan formulasi neuritransmiter, senyawa kimia dalam otak yang dapat memberi stimulasi dan memberi rasa tenang.

Neurotransmiter mempengaruhi mood dan nafsu makan. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Ohio State University menunjukan bahwa satu nutrisi, terutama yang baik untuk mengurangi dan menenangkan kecemasan dan menurunkan gejalanya adalah asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam fatty fish, seperti salmon liar, flaxseed, walnut, dan chia seed.

2. Probiotik
Menurut Brunetti, bakteri usus diperlukan untuk produksi neurotransmiter, termasuk serotonin, dopamin dan GABA (gamma-aminobutyri acid), yang memainkan peranan penting pada mood. Mikrobioma (bakteri usus) memiliki kaitan langsung pada otak dan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan jahat dalam usus melalui penggunaan probiotik dapat memberi manfaat pada otak. Hasil penelitian terbaru menemukan bahwa probiotik diketahui bekerja untuk mengatasi, atau bahkan mencegah perasaan khawatir.

Menurut Drew Ramsey, MD, Anda dapat mengonsumsi makanan fermentasi, seperti yoghurt, sauerkraut, dan kefir untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik.

3. Antioksidan
Kini, ada alasan lain mengapa antioksidan menjadi superfood. Hal ini disebabkan karena mengonsumsi jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat membantu menenangkan kecemasan dan mood.

Menurut Brunetti, antioksidan diketahui dapat melindungi otak melawan stres oksidatif (radikal bebas), di mana stres oksidatif ini bisa memicu peradangan, dan ini dapat mengganggu produksi neurotransmiter.

Hasil penelitian yang dilakukan di State University of New York, menemukan bahwa gejala kecemasan dikaitkan dengan rendahnya kondisi antioksidan dalam tubuh, dan antioksidan ini sebenarnya dapat membantu mengatasi masalah mood.

Dikatakan Brunetti, pola makan kaya beta karoten seperti wortel, ubi jalar, bayam, dan kale, vitamin C seperti buah sitrus, red peppers, Brussels sprout, brokoli, dan stroberi, serta vitamin E seperti almond, alpukat, dan biji bunga matahari cukup penting untuk mendukung fungsi otak lebih optimal.

Masih ada lagi antioksidan kuat yang menunjukan kemampuan untuk melawan dan menenangkan kecemasan, yaitu mineral selenium yang ditemukan dalam Brazil nuts, halibut, daging sapi yang diberi makan rumput, kalkun, ayam, dan telur. ** Baca juga: Mana yang Bikin Tubuh Cepat Gemuk, Nasi Atau Mi Instan?

Hasil studi menunjukan bahwa meningkatkan asupan zinc yang memiliki sifat antioksidan pun mampu menurunkan perasaan cemas. Anda bisa mengonsumsi kacang mete karena jenis kacang ini kaya zinc.(ilj/bbs)

Berita Terbaru