oleh

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Menstruasi

Kabar6-Banyak wanita mengalami menstruasi tidak lancar, yang menyebabkan rasa nyeri berlebih, sakit kepala, serta kondisi lain yang membuat tubuh tidak nyaman.

 

Terkadang karena tidak tahan, sebagian wanita mengonsumsi obat pereda nyeri. Kebiasaan tersebut sebenarnya tidak dianjurkan.

 

Bagaimana agar datang bulan lancar? Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Apa sajakah itu?

 

1. Asam Jawa dapat membantu memperlancar menstruasi. Nenek moyang kita dulu meyakini jika Asam Jawa tidak hanya melancarkan menstruasi, tapi juga membantu mengencerkan darah yang menggumpal.

 

2. Jika menstruasi tak kunjung datang, dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan segar. Namun hindari buah kaleng yang mengandung pengawet.

 

3. Cuka Apel dapat membantu melancarkan menstruasi. Selain ramah di pencernaan, juga dapat mengurangi insulin serta menyeimbangkan kembali kadar gula dalam darah.

 

4. Wijen sering kita temui dalam makanan onde-onde. Ternyata, wijen merupakan ramuan ampuh untuk mengatasi menstruasi yang tak kunjung datang. Disarankan untuk mengonsumsi wijen seminggu sebelum tanggal datang bulan. ** Baca juga: Tips Agar Ginjal Tetap Sehat

 

Selain makanan di atas, Anda pun disarankan untuk rajin berolahraga seperti berenang, aerobik atau jogging, karena akan membantu memperlancar peredaran darah serta mengurangi kadar insulin dalam darah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru