Makanan Sehat yang Bantu Cegah Keriput

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Beberapa tanda penuaan tubuh, seperti munculnya keriput pada wajah, menjadi hal yang mencemaskan sebagian besar orang, terutama kaum wanita.

Selain memakai krim perawatan wajah, menurut sebuah studi terbaru, mengonsumsi ikan, buah-buahan dan sayuran bisa membantu mencegah keriput pada wanita.

Mereka yang mengonsumsi lebih banyak makanan tersebut, melansir nationalgeographic, memiliki garis keriput yang lebih tipis. Artinya, ketiga makanan itu lebih ampuh ketimbang krim wajah anti penuaan.

Sekelompok peneliti dari Belanda ini mengajukan pertanyaan kepada 2.700 pria dan wanita berusia 50 tahun ke atas, mengenai makanan apa saja yang mereka konsumsi. Selain itu, para partisipan tersebut juga diminta melakukan pemindaian wajah 3D.

Wanita biasanya memiliki kulit yang lebih tipis, sehingga membuat kerutan di wajah mereka lebih cepat muncul, dibanding pria.

Hasilnya, wanita tidak akan rentan terhadap keriput apabila mereka menghindari rokok, terlindung dari sinar matahari, dan mengonsumsi ketiga makanan sehat tadi.

Sementara itu, mereka yang sering makan daging, gula, lemak jenuh, dan minum alkohol, tampak lesu dan lebih tua dari umurnya. ** Baca juga: Bagaimana Cegah Pusing Saat Puasa?

Para peneliti mengatakan, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan flavonoid bisa merangsang pertumbuhan kolagen, serat yang membuat kulit tetap kenyal dan kencang.(ilj/bbs)