oleh

Makanan Sehat yang Baik untuk Jaga Sistem Imun di Musim Hujan

Kabar6-Musim penghujan membuat banyak orang rentan terinfeksi penyakit, termasuk meningkatkan risiko terjadinya diare dan disentri. Untuk mencegah penyakit infeksi, Anda disarankan menjaga daya tahan tubuh atau sistem imun.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang bisa membantu menjaga sistem imun tetap optimal. Melansir Detik, ini lima jenis makanan yang dimaksud:

1. Brokoli
Brokoli sangat kaya kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, C, E serta antioksidan. Brokoli juga kaya serat, membuatnya dinobatkan sebagai salah satu sayuran paling bergizi.

2. Bawang putih
Bawang putih lazim digunakan sebagai bumbu masakan. Manfaat sehat bawang putih antara lain mencegah infeksi penyakit, menurunkan tekanan darah, serta mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah.

3. Bayam
Tidak hanya kaya vitamin C, bayam juga kaya antioksidan dan beta-karoten. Kaya serat, bayam mudah dimasak sehingga cocok untuk menu keluarga.

4. Pepaya
Pepaya memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Satu buah pepaya bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian hingga 224 persen. Selain itu, pepaya juga mengandung papain yang baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

5. Kiwi
Selain pepaya, kiwi adalah buah lain yang punya segudang kandungan bergizi, di antaranya adalah asam folat, potasium, vitamin K, dan tentunya vitamin C. ** Baca juga: Apa Sebab Sudah Cukup Tidur Tapi Masih Saja Mengantuk?

Sistem imun tubuh yang terjaga membuat Anda terhindar dari infeksi penyakit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru