oleh

Makanan Penghalau Racun Dalam Tubuh

Kabar6-Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup (kecuali tumbuhan) tingkat tinggi, yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri.

 

Apabila darah yang mengalir dalam tubuh tercampur dengan racun yang berbahaya, tentu saja dapat menimbulkan berbagai penyakit. Karena itulah, mengkonsumsi makanan yang tepat sangat membantu organ-organ internal untuk menyaring lebih banyak racun yang tercampur dalam darah.

 

Apa saja makanan penghalau racun dalam darah?

 

1. Seledri

Cukup terkenal sebagai pembersih darah. Fungsi seledri dapat membantu detoksifikasi sel-sel kanker dalam tubuh, karena mengandung senyawa anti-kanker yang cukup baik.

 

2. Kubis

Berdasarkan fungsi zat alami, kubis dapat membantu hati memecahkan kelebihan pada hormon, membersihkan saluran pencernaan, serta bisa menetralisir beberapa senyawa jahat yang ditemukan dalam asap rokok. Kubis mengandung zat anti-kanker dan antioksidan yang cukup kuat.

 

3. Alpukat

Kandungan Glutathione yang terdapat pada alpukat, mengandung nutrisi yang dapat mencegah setidaknya tiga puluh karsinogen berbeda dalam tubuh, sehingga merupakan cara jitu untuk mengusir racun yang tercampur dalam darah. Alpukat juga dikenal sebagai makanan yang bisa menurunkan kolesterol, dan melebarkan pembuluh darah.

 

4. Apel

Apel berfungsi untuk mencegah racun dalam darah. Kandungan pectin yang terdapat pada apel juga berfungsi mengikat kolesterol dan logam berat dalam tubuh. Mengkonsumsi apel secara rutin dapat meningkatkan kinerja darah dalam tubuh lebih optimal.

 

5. Bawang putih

Bawang putih dapat membersihkan penyumbatan yang terjadi pada arteri dan memiliki sifat anti-kanker. Juga membantu mengeluarkan racun dalam darah. Khasiat bawang putih dapat membersihkan bakteri berbahaya, virus, serta parasit usus yang tentunya melalui darah dan usus.

 

6. Lemon

Kandungan nutrisi yang terdapat pada lemon berfungsi untuk mengeluarkan beberapa zat kimia berbahaya dalam tubuh melalui darah. Vitamin C yang terdapat pada lemon bisa membentuk zat penting yang disebut glutathione, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengeluarkan racun yang tercampur dalam darah. ** Baca juga: Tetap Bugar Selama Berpuasa

 

Tetap jaga kesehatan dan asupan makanan Anda, agar dapat menjalankan ibadah puasa secara maksimal. (ilj/bbs)

Berita Terbaru