oleh

Makanan Organik Turunkan Risiko Kanker?

Kabar6-Bahan pangan organik adalah bahan pangan yang diproduksi dengan menggunakan metode pertanian organik, yang membatasi input sintetik modern seperti pestisida sintetik dan pupuk kimia.

Makanan organik selama ini diyakini baik untuk kesehatan, bahkan disebut-sebut dapat menurunkan risiko kanker. Sebuah penelitian di Prancis yang diikuti 70 ribu orang dewasa dan sebagian besar wanita, melansir tempo.co, melaporkan bahwa responden yang mengkonsumsi makanan organik selama lima tahun memiliki risiko kanker lebih rendah dibandingkan yang tidak pernah. Makanan organik yang dikonsumsi antara lain buah-buahan, sayur, produk susu, dan daging. Penurunan risiko yang signifikan terjadi pada kanker payudara pascamenopause.

“Kami memang berharap menemukan pengurangan, tetapi sejauh mana pengurangan itu cukup penting,” kata Julia Baudry, penulis utama penelitian dan seorang peneliti di Epidemiology and Statistics Sorbonne Paris Cité of the French National Institute of Health and Medical Research.

Penelitian ini dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine. Dikatakan Baudry, ini tidak serta merta membuktikan bahwa makanan organik mengurangi kanker. Tapi ia merekomendasikan bahwa diet berbasis organik berkontribusi mengurangi risiko kanker.

Sementara ahli gizi Harvard Dr Frank B. Hu, mengatakan bahwa hal yang lebih penting untuk mencegah kanker adalah makan lebih banyak buah dan sayuran, entah itu organik atau bukan. ** Baca juga: Ternyata, Jarang Pamer Foto Bareng Pasangan di Medsos Tanda Hubungan Bahagia

Untuk mencegah kanker, The American Cancer Society juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dengan banyak buah dan sayuran juga biji-bijian utuh, lalu membatasi konsumsi daging merah, daging olahan, dan gula.(ilj/bbs)

Berita Terbaru