oleh

Makanan & Minuman yang Pengaruhi Kesehatan Gigi Serta Mulut

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sejumlah asupan yang kita makan dan minum, tentu berpengaruh pada kesehatan mulut. Selain itu, ada juga makanan dan minuman yang memiliki kandungan yang dianjurkan, sehingga gigi tetap sehat. Dilansir nova.id, berikut adalah tiga makanan yang bisa dikonsumsi agar kesehatan gigi selalu terjaga:

1. Wortel  & buah-buahan serta sayuran berwarna oranye
Buah-buahan dan sayuran berwarna kuning terang dan oranye kaya akan kandungan beta karoten, yang juga berarti kaya akan vitamin A. Kandungan beta karoten dan vitamin A ini akan bermanfaat bagi kesehatan selaput lendir di mulut kita, dan tentu saja merawat gusi dan gigi kita.

2. Ikan daging putih
Jenis ikan ini kaya akan kandungan omega yang bisa membantu merawat kulit, rambut, dan gigi.

3. Suplemen
Suplemen yang dibutuhkan untuk gigi yang sehat adalah kalsium, yang sangat baik untuk gigi yang kuat serta sehat.

Sebaliknya, terdapat juga tiga makanan dan minuman lain yang sebaiknya dikurangi konsumsinya agar kesehatan gigi tidak terganggu, yaitu:
1. Gula
Kebanyakan orang pasti tahu bahwa selain tak baik untuk diet gula juga buruk bagi kesehatan gigi. Meskipun rasanya manis, gula bisa merusak gigi..

2. Minuman berkafein
Mengonsumsi minum berkafein secara berlebihan bisa meninggalkan kotoran yang menempel pada gigi. ** Baca juga: 5 Asupan Nutrisi Terbaik untuk Kulit Sehat

3. Daging
Mengonsumsi daging berlebihan tak baik bagi sistem pencernaan, yang bisa berdampak langsung pada gigi, juga bisa membuat napas berbau tak sedap.

Makanan yang sehat berdampak pula pada gigi yang sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru