oleh

Makanan & Minuman yang Bikin Tidur Nyenyak

Kabar6-Seringkali karena berlebihan mengonsumsi minuman berkafein, atau minum kopi saat sudah larut, Anda menjadi kesulitan tidur. Hal ini tentu akan mengganggu kualitas tidur, sehingga keesokan harinya Anda bangun dalam kondisi tubuh masih lelah.

Tahukah Anda, ternyata ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu tidur lebih nyenyak? Melansir dokter.id, berikut makanan dan minuman yang dimaksud:

1. Pisang
Merupakan buah yang kaya potasium dan magnasium yang dapat menenangkan otot-otot yang lelah berkontraksi. Mengonsumsi pisang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari. Jika tidak ingin makan pisang setiapkali akan tidur, Anda bisa mencampurkan pisang dengan susu atau dengan makanan lain.

2. Produk susu
Susu hangat telah lama dikenal sebagai jenis minuman yang membuat tidur lebih nyenyak. Ternyata tidak hanya susu, tetapi produk turunannya seperti butter, yoghurt juga dapat membuat tidur lebih baik.

Namun hindari mengonsumsi keju karena akan menimbulkan efek sebaliknya. Susu mengandung kalsium yang merupakan mineral yang diperlukan untuk tulang kuat dan juga meredakan stres.

3. Almond
Sama seperti pisang, almond juga mengandung magnesium yang dapat membuat otot lebih tenang saat tidur.

4. Oatmeal
Oatmeal mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu tidur lebih nyenyak. Selain murah, oatmeal juga sangat mudah disiapkan. Tetapi ingat, hindari membuat oatmeal terlalu manis seperti dengan menambahkan gula yang akan membuat Anda justru terjaga. Gunakan buah-buahan sebagai toping oatmeal.

5. Sereal
Makanan kaya karbohidrat merupakan jenis makanan yang dapat meningkatkan energi sebelum Anda tidur. Sama seperti oatmeal, Anda bisa tambahkan toping buah-buahan seperti chery dan pisang untuk membantu tidur lebih nyenyak.

6. Teh herbal
Terlepas dari manfaat teh herbal untuk kesehatan, jenis minuman yang satu ini ternyata dapat membuat istirahat malam Anda lebih nyenyak. Namun hindari konsumsi teh gingseng karena justru membuat Anda kesulitan tidur. ** Baca juga: Segudang Manfaat Kurma yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru