oleh

Makanan & Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Flu

Kabar6-Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

Saat mengalami flu tentu akan ada banyak pekerjaan yang akan tertunda. Selain minum obat, seperti dilansir Webmd, ada beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat flu. Apa sajakah itu?

1. Es loli
Es loli atau es krim dapat membantu mengurangi nyeri, pembengkakan, atau tenggorokan kering. Selain itu, es krim juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda untuk melawan flu.

Memperoleh cukup cairan juga dapat mengencerkan lendir atau dahak dan mengurangi hidung tersumbat. Pastikan Anda memilih es krim yang terbuat dari jus buah (100 persen) sehingga juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi penting Anda, dan bukan hanya gula dan air.

2. Roti isi ayam
Ayam atau ayam kalkun merupakan makanan yang mengandung banyak protein dan penuh dengan berbagai nutrisi penting. Walaupun roti isi (sandwich) bukanlah pilihan makanan yang Anda inginkan saat flu, akan tetapi makanan ini dapat membantu Anda kembali bertenaga untuk melawan flu.

3. Jus sayuran
Mengonsumsi salad atau berbagai jenis sayuran lainnya mungkin merupakan hal terakhir yang Anda inginkan saat flu. Pilihlah jus sayuran rendah natrium sebagai pengganti sayuran. Hal ini dikarenakan jus sayuran mengandung berbagai antioksidan yang dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda tetap terhidrasi.

4. Sup ayam
Selain mengandung berbagai nutrisi penting dan air yang Anda butuhkan, sup ayam juga telah terbukti secara alamiah mampu mempercepat penyembuhan dan memiliki efek anti radang ringan. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa sup ayam panas dapat membantu memperbaiki silia (rambut-rambut halus) di saluran napas, yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus.

5. Bawang putih
Bawang putih memiliki efek anti mikroba dan juga dapat membantu meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh serta dapat membantu mengurangi hidung tersumbat.

6. Jahe
Jahe merupakan salah satu cara alami untuk meredakan nyeri perut dan mual. Beberapa penelitian lainnya juga menemukan bahwa jahe juga dapat membantu mengatasi radang.

7. Teh panas
Teh hijau, teh oolong, dan teh hitam dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi karena mengandung berbagai antioksidan penting. Selain itu, menghirup uap panas yang dihasilkan dari teh panas juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Anda juga dapat menambahkan sesendok makan madu atau sari buah lemon untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan.

8. Pisang
Pisang merupakan makanan yang mudah dicerna dan merupakan makanan pilihan saat Anda merasa mengalami mual, muntah, dan diare, yang sering terjadi pada anak-anak yang menderita flu. ** Baca juga: Apa Penyebab Tubuh Lelah Usai Makan?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru