oleh

Makanan Lebaran Berlimpah, Cegah Kolesterol Naik dengan 4 Cara Ini

Ilusrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Lebaran identik dengan beragam hidangan lezat. Tidak heran jika Anda pun ‘terpancing’ untuk mencicipi semua makanan, mulai dari camilan hingga makanan berkolesterol tinggi.

Padahal agar tetap sehat selama libur Lebaran, Anda disarankan untuk membatasi makanan bersantan dan manis. Dilansir Sindonews, berikut adalah empat tips untuk mencegah kolesterol:

1. Hindari konsumsi daging tinggi berlemak
Meski menggugah selera, konsumsi daging khususnya daging tinggi lemak bisa meningkatkan kadar kolesterol. Karena itu, hindari konsumsi daging tinggi lemak.

2. Batasi konsumsi makanan bersantan
Batasi konsumsi makanan bersantan yang kaya kandungan lemak trans dan asam lemak jenuh yang terbentuk ketika telah dipanaskan khususnya dalam waktu lama. Ketika santan yang telah dipanaskan kemudian dikonsumsi, otomatis lemak memicu kadara kolesterol darah meningkat.

3. Batasi konsumsi manis
Konsumsi manis berlebihan bisa menyebabkan berbagai macam keluhan. Mulai dari diabetes hingga kolesterol yang meningkat. Selain kue kering, batasi juga minuman manis.

4. Konsumsi sayur
Untuk menyeimbangkan kadar kolesterol, jangan lupa konsumsi makanan seimbang seperti sayur, daging, ikan juga buah. ** Baca juga: Kurang Bersih Cuci Talenan Bisa Jadi Sumber Bakteri

Batasi makanan berkolesterol tinggi agar liburan jadi menyenangkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru