oleh

Makanan Kukus Lebih Sehat Sebagai Menu Sahur dan Berbuka

Kabar6-Makanan apa yang biasa Anda santap atau menjadi favorit untuk sahur atau berbuka puasa? Para ahli gizi lebih menganjurkan untuk mengonsumsi makanan kukus sebagai menu sahur dan buka puasa.

Mengapa demikian? Karena makanan kukus lebih sehat dan akan membuat nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak akan hilang. Melansir beberapa sumber, ini alasan mengapa makanan kukus lebih sehat untuk Anda:

1. Kolesterol rendah
Saat mengukus daging, maka akan menghilangkan lemak dari daging tersebut. Sedangkan metode memasak lain seperti memanggang atau menggoreng, akan membuat lemak tetap ada dalam daging tadi.

Menyingkirkan lemak akan membuat daging lebih rendah kalori dan kolesterol. Mengukus juga tidak membutuhkan minyak goreng yang akan membuat makanan lebih ringan dan sehat.

2. Mempertahankan serat, warna dan rasa
Dengan mengukus, sayuran akan membuat keadaan lebih mirip dengan aslinya daripada memanaskannya dengan menggoreng. Tidak hanya mencegah sayuran berubah menjadi lembek, tetapi juga mempertahankan warna, rasa, jus dan serat yang terkandung di dalamnya.

Dengan begitu, urusan buang air besar (BAB) tidak jadi masalah selama bulan Ramadan. Jika Anda mengingkan rasa yang lebih gurih, bisa menambahkan bumbu atau rempah ke dalam air.

3. Mudah dicerna dalam tubuh
Dengan mengukus makanan, Anda lebih bisa membuat makanan yang berserat bisa masuk ke tubuh dengan mudah. Contoh makanan yang dikukus antara lain bayam, brokoli, tahu atau tempe. Makanan-makanan yang sudah dikukus lebih mudah dicerna daripada beberapa metode masak lain.

4. Vitamin dan mineral tidak akan hilang
Banyak vitamin dan mineral yang ada dalam sayuran hilang dengan beberapa metode memasak. Namun dengan mengukusnya, vitamin seperti vitamin B, riboflavin, tiamin, niasin, biotin, B12, asam pantotenat dan vitamin C, serta mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, dan seng tetap terjaga dengan baik.

5. Cepat dan mudah
Metode memasak ini akan menghemat waktu, energi dan uang. Mengonsumsi makanan kukus akan bisa menjadi langkah pertama untuk mengubah pola hidup Anda menjadi sehat. ** Baca juga: Mengapa Sering Merasa Lelah Selama Pandemi COVID-19?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru