oleh

Makanan Ini Bisa Bantu Kurangi ‘Hormon Lapar’

Kabar6-Meskipun sedang menjalani program diet, seringkali Anda dilanda rasa lapar. Namun tentu saja Anda tidak boleh sembarangan menyantap makanan. Terlebih bila sinyal lapar tersebut ternyata bohong belaka.

Dalam tubuh terdapat hormon ghrelin, atau dikenal sebagai hormon ‘aku lapar’. Ketika perut Anda kosong atau mengira itu kosong, tubuh mengeluarkan ghrelin, yang menyebabkan kelaparan dengan mengirimkan sinyal ke otak, mendesak Anda untuk segera menyantap makanan.

Karena itulah Anda disarankan untuk bijaksana dalam memilih makanan saat hormon ini sedang tinggi. Namun di sisi lain, melansir Womantalk, ternyata ada beberapa makanan yang bisa dengan cepat menekan hormon lapar ini, lho. Jenis makanan apa saja yang dimaksud:

1. Telur
Dalam sebuah penelitian terhadap 21 pria yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research, setengahnya diberi makan sarapan bagel sementara setengahnya memakan telur.

Kelompok yang makan telur diamati memiliki respons lebih rendah terhadap ghrelin, tak mudah lapar tiga jam kemudian dan mengonsumsi lebih sedikit kalori selama 24 jam berikutnya.

2. Oatmeal
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, makan oatmeal menghasilkan perasaan kenyang yang lebih besar daripada sarapan dengan makanan lain. Dalam sebuah penelitian di Kanada, para peneliti menemukan bahwa mereka yang dietnya dilengkapi dengan oatmeal memiliki kadar ghrelin yang lebih rendah.

3. Kentang rebus
Kentang memang sumber makanan yang mengenyangkan. Namun, untuk menekan lapar dengan lebih lama, sebaiknya Anda merebus kentang dan tidak menggorengnya. Menurut sebuah penelitian di Australia yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, kentang rebus membutuhkan waktu lebih lama untuk mengurai di usus Anda, menghasilkan butyrate yang membakar lemak dan menunda rasa lapar.

4. Tiram
Tiram adalah salah satu sumber makanan yang mengandung seng, mineral yang bekerja dengan leptin untuk mengatur nafsu makan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Life Sciences menemukan bahwa mengonsumsi suplemen seng dapat meningkatkan produksi leptin pada pria gemuk sebesar 142 persen. ** Baca juga: Agar Efektif, Lakukan Diet Berdasarkan Usia

5. Apel merah
Apel adalah sumber serat penghilang rasa lapar yang sangat baik. Sebuah penelitian di Wake Forest Baptist Medical Center menemukan bahwa untuk setiap tambahan 10 gram serat dalam apel yang dimakan setiap hari, lemak perut responden penelitian berkurang 3,7 persen selama lima tahun.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru