oleh

Makanan dan Minuman Sederhana yang Bantu Bikin Anda Bahagia

Kabar6-Bahagia itu memang tidak bisa diukur dengan uang. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar hidup Anda selalu bahagia. Salah satunya dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu efek negatif kesehatan mental.

Selain itu, ada sejumlah makanan yang ternyata dapat menstimualsi berbagai kelenjar dan sejumlah hormon di dalam tubuh, sehingga dapat membuat Anda merasa lebih bahagia. Melansir Lifespan, ini dia sembilan jenis makanan dan minuman sederhana yang dimaksud:

1. Ubi
Ubi mengandung beta karoten dan vitamin B6 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mental. Selain itu, vitamin B6 juga dapat membantu memperbaiki mood, yang membuatnya sering digunakan sebagai terapi pada penderita gangguan mood.

2. Tomat Ceri
Likopene yang terdapat di dalam tomat ceri merupakan suatu antioksidan yang dapat membantu memperbaiki mood Anda.

3. Bayam
Bayam merupakan sayuran serba guna yang mengandung berbagai zat penting yang diperlukan tubuh. Selain mengandung zat besi, bayam juga mengandung asam folat yang dapat membuat Anda merasa bahagia.

Asam folat juga dapat meningkatkan kesehatan sel-sel darah merah dan sistem kekebalan tubuh, yang dapat melindungi Anda dari berbagai gangguan kesehatan.

4. Teh Camomile
Berdasarkan sebuah penelitian, orang dewasa yang mengonsumsi ekstrak camomile selama delapan minggu mengalami lebih banyak penurunan rasa cemas dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi plasebo.

Selain itu, camomile juga dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik sehingga tubuh Anda pun dapat memperoleh istirahat yang diperlukannya, yang menjadikannya lebih mampu mengatasi stres.

5. Gandum
Gandum utuh mengandung karbohidrat baik yang dapat membantu mengatasi depresi dan cemas. Karbohidrat dapat membantu memberikan tenaga dan mencegah sembelit.

Selain itu, selenium yang terdapat di dalam gandum juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan berbagai efek berbahaya dari radikal bebas serta membantu mengatasi sembelit.

6. Keju
Keju ternyata dapat membuat Anda merasa lebih senang bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Keju mengandung seng, suatu mineral yang dapat membantu mengatasi gejala depresi.

Selain itu, seng juga dapat membantu memperindah kulit dan rambut Anda, serta membantu perkembangan sel-sel di dalam tubuh dan meningkatkan fungsi kognitif Anda.

7. Kacang merah
Kacang-kacangan merupakan sumber protein dan antioksidan. Kandungan asam amino (protein) dan zat besi di dalamnya dapat membantu mencegah terjadinya berbagai gangguan mental. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung magnesium yang berperan penting dalam proses produksi energi di dalam tubuh.

Saat Anda berolahraga, maka magnesium akan didistribusikan ke seluruh tubuh untuk membantu proses pembentukan energi pada berbagai tempat di dalam tubuh yang memerlukan energi. Kekurangan magnesium dapat membuat Anda menjadi mudah lelah.

8. Pisang
Pisang dapat membantu menyediakan energi, membantu perkembangan sel-sel di dalam tubuh, dan meningkatkan kesehatan sistem saraf.

Jika Anda sering marah, mudah tersinggung, merasa depresi atau stress; maka hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B dalam tubuh. Pisang merupakan salah satu sumber vitamin B. ** Baca juga: Bentuk Tubuh Pengaruhi Penurunan Berat Badan

9. Bit
Bit mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting yang turut berperan melawan depresi, karena mengandung uridine, asam folat, dan magnesium. Berbagai jenis mineral ini dapat membantu meningkatkan mood Anda karena berfungsi sebagai neurotransmiter.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru