oleh

Makanan Alternatif untuk Perbaiki Mood Anda

Kabar6-Ketika dilanda mood buruk (bad mood), sebagian orang memilih kegiatan ringan, antara lain seperti mendengarkan musik, olahraga ringan, atau jalan-jalan seputar lingkungan sekitar.

Namun banyak juga orang yang justru ‘lari’ ke makanan, sehingga apabila hal ini menjadi sebuah kebiasaan, maka berat badan pun akan bertambah drastis. Nah, tahukah Anda, melansir dokter.id, ada beberapa makanan yang dapat menjadi alternatif untuk perbaiki mood. Apa sajakah itu?

1. Pisang
Selain kaya potasium, pisang juga memiliki kandungan tryptophan, asam amino yang membantu otak menghasilkan serotonin untuk menstabilkan mood secara alami. Pisang juga mengandung vitamin B folat yang berguna mencegah depresi.

2. Buah berries
Rasa tertentu dalam buah berry memiliki kemiripan dengan asam valproic yang terkandung dalam obat-obatan yang menstabilkan mood.

3. Quinoa
Tak hanya sebagai makanan diet yang kaya protein, menurut studi di Journal of Neuropharmacology, serealia ini juga memiliki kandungan antidepresan bernama quercetin.

4. Salmon
Kaya kandungan asam lemak omega-3 membuat salmon juga menjadi salah satu makanan yang dijamin dapat meningkatkan mood.

5. Tiram (oysters)
Kekurangan zinc adalah salah satu faktor munculnya perasaan gelisah (anxiety). Tenangkan diri Anda dengan asupan makanan kaya zinc seperti tiram.

6. Cokelat hitam
Camilan lezat sekaligus sehat ini sudah lama diketahui sebagai pemicu produksi hormon endorfin untuk membuat mood lebih baik, dan mengurangi kadar hormon kortisol dalam tubuh saat stres melanda.

7. Kunyit (turmeric)
Bumbu dapur yang sangat mudah didapatkan di Indonesia ini juga dapat membuat Anda lebih bahagia, karena kandungan curcumin di dalamnya mampu memperbaiki mood dan melawan depresi.

8. Green tea
Secangkir teh hijau mengandung theanine yang dapat menenangkan pikiran Anda sekaligus meningkatkan konstentrasi dan fokus.

9. Kacang-kacangan
Kekurangan magnesium bisa mengakibatkan kurangnya energi, dan mempengaruhi mood. Makanan kaya magnesium seperti kacang-kacangan akan membuat energi tidak cepat habis.

10. Apel
Selain sebagai sumber antioksidan, mengonsumsi apel juga dapat menciptakan efek menenangkan dan meningkatkan energi.

11. Bayam
Sayuran ini memiliki kandungan asam folic yang meredakan depresi serta melawan kelelahan. ** Baca juga: Penuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Perempuan Usia 20 hingga 40 Tahun

12. Jamur
Kaya akan vitamin D membuat jamur dapat menjadi alternatif makanan untuk melawan depresi.

13. Kopi
Dengan dosis secukupnya, kopi juga dapat membantu mood Anda menjadi lebih baik dan mencegah depresi.

Cara perbaiki mood yang mudah dan murah, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru