oleh

Makanan Agar Awet Muda

Kabar6-Siapa yang tidak ingin memiliki wajah awet muda? Dapat dipastikan, setiap orang mengidam-idamkan wajah yang segar, berseri, tanpa kerut, dan tentu saja jauh dari penuaan dini.

 

Banyak cara dilakukan agar wajah menjadi awet muda, antara lain melalu operasi plastik maupun perawatan kecantikan yang super mahal. Sebenarnya Anda dapat memiliki wajah awet muda tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, hanya dengan mengonsumsi makanan tertentu.

 

Makanan apa saja sih yang bermanfaat mencerahkan sekaligus meremajakan kulit?

 

1. Ubi Jalar

Betakaroten yang terkandung dalam warna jingga pada ubi jalar, merupakan senyawa yang dapat menjaga keseimbangan pH kulit, untuk membantu mencegah kulit kering dan mempercepat regenerasi kulit. ** Baca juga: Kenali Bahaya Memakai High Heels

 

2. Salmon

Jenis ikan yang satu ini mengandung astaksantin, merupakan salah satu karotenoid yang memiliki kemampuan alami untuk bertahan melawan efek negatif akibat radikal bebas atau oksigen aktif.

 

Pigmen merah ini juga ditemukan dalam berbagai jenis kehidupan laut, termasuk ikan sea bream, telur salmon, udang, dan rumput laut merah.

 

Astaksantin terbukti memiliki efek antioksidan yang dapat menurunkan tingkat oksigen aktif di dalam tubuh. Dipercaya dapat menghambat pembentukan oksigen aktif yang menyebabkan sel-sel kulit tidak dapat berfungsi normal, sehingga terjadi penuaan dini.

 

3. Tomat

Buah ini mengandung antioksidan likopen yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Agar tubuh dapat menyerap likopen dengan baik, disarankan untuk memasak tomat cukup sebentar saja, dan disajikan dengan minyak zaitun.

 

4. Jeruk

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk berperan membentuk kolagen, komponen vital yang dapat membuat kulit tampak lebih muda. Jeruk juga tinggi akan bioflavonoid yang dapat membantu mencegah kematian sel dan menjaga kulit dari paparan sinar UV.

 

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung lutein yang dapat melindungi kulit dari peradangan dan bintik-bintik hitam yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

 

Mudah dan murah khan untuk mendapatkan kulit cerah sekaligus awet muda? Sedapat mungkin jaga kesehatan kulit melalui makanan sehat, agar tubuh Anda pun tidak terlalu banyak mengonsumsi berbagai suplemen.(ilj)

Berita Terbaru