oleh

Mahasiswa Tewas Usai Diklat Mapala, Untirta : Sebenarnya Kegiatan UKM Dilarang Offline

Kabar6- Pihak Untirta angkat bicara terkait tewasnya Fadil Abdi Nursyahri Sudrajat (18) usai mengikuti kegiatan Diklat Mapala selama 10 hari. Pihak kampus menegaskan, semua kegiatan Unit Kegiatan Kampus (UKM) dilarang menyelenggarakan kegiatan tatap muka. Hal itu berkaitan dengan pandemi Covid-19.

“Sebenarnya semua kegiatan UKM dilarang untuk offline, itu ada surat edarannya, kebetulan Mapala ini ngadep ke saya, ke bagian kemahasiswaan dan saya tolak semua itu,” kata Wakil Rektor 3 Untirta Suherna melalui keterangan tertulis yang diterima kabar6.com, Selasa (2/3/2021).

Lantaran sudah ditolak, pihak kampus pun menanggap kegiatan itu urung dilakukan. Namun ternyata kegiatan tersebut berlangsung tanpa sepengetahuan pihak kampus hingga beredar informasi jika kegiatan Diklat tersebut menewaskan seorang peserta.

Dalam kegiatan itu, Suherna menegaskan tidak ada kekerasan, sedangkan luka kecil pada kakinya yang sebabkan terkena sepatu karena selama kegiatan korban tidak pernah melepaskan sepatunya padahal dalam kondisi basah.

“Akhirnya malam saya bersama rekan-rekan di sini ke sana, melihat kondisi korban. Saya klarifikasi bersama tim Mapala juga di sana dengan keluarga korban. Memang sudah disampaikan bahwa tidak ada kekerasan,”tegasnya

“Saya lihat langsung ketika dimandikan tidak ada luka-luka lebam atau apapun, keculi kakinya yang luka, karena si korban ini ternyata berdasarkan cerita dari teman-temannya setiap tidur sepatunya tidak pernah dilepas, padahal basah. Makanya kakinya luka ditambah lagi ada kegiatan panjat tebing dan lain sebagainya,”sambungnya.

Dari peristiwa tersebut pihak kampus akan mengevaluasi semua UKM termasuk memberikan langkah tegas kepada UKM Mapala Untirta. “Semua UKM akan kami evaluasi termasuk sanksi kepada UKM mapala dalam bentuk pembekuan kegiatan sampai waktu yang tidak ditentukan,”tutupnya.

**Baca juga: Program Vaksinasi Tahap Dua di Pandeglang Ditargetkan 5.999 Orang

Diberitakan sebelumnya, Fadil Abdi Nursyahri Sudrajat (18), mahasiswa semester dua, Jurusan PPKN, Fakultas FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang, dinyatakan meninggal dunia, Senin (1/3/2021).

Fadil meninggal setelah mengikuti kegiatan Diklat Mapala Untirta selama 10 hari. Almarhum kini telah di kebumikan di rumah duka di Kampung Burung Buni, Desa Salapraya, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang. Belum diketahui penyebab kematian Fadil tersebut.(aep)

Berita Terbaru