oleh

Mahalnya Istana Boneka Ini

Kabar6-Salah satu permainan yang disukai anak perempuan adalah istana boneka. Selain bentuknya mirip istana asli, interior di dalamnya pun dibuat benar-benar menyerupai tempat tinggal keluarga kerajaan.

 

Harga istana boneka bervariasi dari yang murah dengan material biasa, hingga jutaan rupiah, tentu saja memakai material terbaik.

 

Namun berikut adalah istana boneka yang memiliki harga fantastis, bahkan menyamai harga rumah asli, dengan interior yang cantik, dan terbuat dari bahan-bahan pilihan.

 

1. Titania’s Palace

Istana Titania disebut sebagai salah satu mainan yang paling mahal di dunia. Dibeli oleh Legoland di Denmark pada 1978. Istana boneka seharga Rp8 miliar ini mulai dibuat pada 1907, dan butuh lima belas tahun untuk menyelesaikannya.

 

Dirancang oleh pelukis Inggris, Sir Nevile Wilkinson untuk putrinya Guendolen. Istana ini memiliki 18 kamar dan lebih dari 3.000 karya seni miniatur yang dikumpulkan dari seluruh dunia. Istana mini ini berada di Egeskov Castle di Denmark.

 

2. Chicago Fairy Castle

Istana boneka ini dibangun oleh aktris film asal Amerika, Colleen Moore, dengan waktu pembuatan antara 1928-1935. Harga Chicago Fairy Castle adalah Rp8,8 miliar, terbuat dari batu giok dan emas serta berlian murni

 

Istana mainan yang berada di Museum Sains dan Industri, Chicago, ini memiliki 12 ruangan megah di antaranya ruang tamu, aula, kapel, perpustakaan, kamar putri dan pangeran, loteng, dan taman ajaib. Konon, di dalam istana ini ada sebuah permata bersejarah yang berumur 500 tahun dari Tiongkok.

 

3. The Stettheimer Dollhouse

The Stettheimer Dollhouse diciptakan oleh Carrie Stettheimer selama 25 tahun, dan harganya ditaksir mencapai Rp 12,2 miliar. Istana mainan ini berada di Museum Kota New York. ** Baca juga: Makanan yang Hanya Ada di Negeri Sakura

 

4. Astolat Dollhouse

Istana boneka ini dibangun oleh Elaine Diehl selama 13 tahun (1974-1987). Astolat Dollhouse dilengkapi dengan cermin berbingkai emas, lantai kayu mosaik, kamar mandi marmer, chandelier emas, lukisan asli dengan tinta minyak, perpustakaan, sebuah gudang anggur dan perapian yang mengarah ke menara penyihir, dengan teleskop dan alat-alat astrologi.

 

Sistem pencahayaan yang secara otomatis dapat menyesuaikan dengan waktu pada dunia nyata membuat istana mainan ini memiliki harga selangit, Rp13,4 miliar. Ketika malam tiba, istana akan terang dengan cahaya lampu istana.

 

Istana mainan super mewah ini dibeli oleh Dr Michael Freeman dan istrinya, Lois, dan kini telah dipindahkan ke Nassau County Museum of Art di Long Island, New York.

 

5. Queen Mary’s Dolls House

Queen Mary’s Dolls House dibuat oleh arsitek ternama pada masanya, Sir Edwin Lutyens pada 1921 sampai 1924. Khusus dipersembahkan kepada Ratu Mary. Merupakan istana mainan yang paling terkenal dan terindah di dunia.

 

Di dalamnya berisi ribuan benda karya seniman dan desainer terkemuka, salah satunya adalah boneka terkenal dari Prancis bernama France dan Marianne, yang ditampilkan dalam pakaian dan aksesoris terbaik.

 

Pembuat istana mainan ini melibatkan lebih dari 1.500 seniman dan pengrajin. Dilengkapi dengan toilet flush, kamar mandi dengan air panas dan dingin yang mengalir melalui pipa kecil, ruang makan, dapur, lift yang berjalan naik dan turun, garasi yang penuh dengan kendaraan kerajaan, dan enam mobil mewah yang disediakan oleh Daimler, Sunbeam, Vauxhall, Lanchester dan Rolls-Royce.

 

Istana boneka yang berada di Windsor Castle, Berkshire, Inggris, ini tidak dapat ditaksir harganya, alias tak ternilai harganya. Luar biasa…(ilj)

Berita Terbaru