oleh

Macet, Persoalan Klasik di Setiap Mudik Lebaran

Kabar6-Macet selalu menjadi topik utama disaat mudik lebaran dan arus baliknya. persoalan klasik itu tak jua terpecahkan hingga saat ini.

Macet ini juga terjadi di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. terus bertambahnya jumlah pemudik membuat persoalan klasik itu terus terjadi.

Menurut Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Condro Kirono, kemacetan dimungkinkan terjadi setiap tahun, lantaran pemudik selalu bertambah. Sedangkan jumlah dermaga hanya ada tujuh.

“Kapalnya banyak pun, kalau tujuh (Dermaga) itu sudah penuh, ya pasti tidak bisa menampung dengan jumlah pemudik yang sangat tinggi,” kata Condro, kepada awak media di Posko Terpadu Angkutan Lebaran Di Pelabuhan Merak, Minggu (9/6/2019).

Mudik melalui jalur laut, berbeda dengan jalur darat maupun udara. Jika menggunakan pesawat, hanya manusia dan barang bawaannya saja yang ‘ikut mudik’.

**Baca juga: Puncak Arus Balik Gelombang Pertama di Pelabuhan Merak Pada Minggu Pagi.

Lalu mudik jalur darat, penumpang dan barang bawaan sudah berada di dalam kendaraan dan melajukan kendaraan.

Sedangkan jalur laut, kendaraan pemudik harus membeli tiket kemudian mengantri di Dermaga. Selanjutnya, secara bergantian masuk ke dalam kapal.

“Memang kalau lebaran pada saat arus mudik, arus balik, penyeberangan itu beda dengan jalur darat,” jelasnya. (Dhi)

Berita Terbaru