oleh

Macet Parah di Merak, Wakapolri Minta Pemudik Sabar

Kabar6-Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, meminta pemudik sabar karena terjadi kemacetan panjang di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Polri bersama seluruh pemangku hajat arus mudik Idul Fitri 1443 H terus melayani dengan baik dan mencari solusi, agar pemudik bisa segera menyebrang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni.

“Tolong bersabar, Kapolda beserta stakeholder terkait akan memberikan pelayanan terbaik, mencari solusi dan mengevaluasi terus apabila ada permasalahan-permasalahan, sehingga masyarakat bisa cepat naik ke kapal roro dan mereka bisa melakukan perjalanan menuju tujuannya masing-masing,” kata Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Jumat (29/04/2022).

Antrian kendaraan yang terus terjadi di ruas tol Tangerang-Merak hingga ke jalan arteri Kota Cilegon, disebabkan melonjaknya pemudik yang dalam kondisi normal hanya diantara 6 ribu sampai 7 ribu per harinya. Namun kini sudah mencapai 32 ribu kendaraan per hari yang menyebrang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni.

**Baca juga:Macet, Kendaraan Pemudik Menuju Pelabuhan Merak Tidak Bergerak

Kapal Ferry yang mengangkut pemudik juga sudah ditambah, dari awalnya hanya 34 unit, kini menjadi 42 kapal. Kemudian, seluruh dermaga di Pelabuhan Merak juga difungsikan. Ditambah satu dermaga di Pelabuhan Indah Kiyat, khusus mengangkut kendaraan pembawa sembako.

“Tentunya dari evaluasi yang dilakukan oleh Pak Kapolda dengan stakeholder terkait, seperti ASDP dan kawan-kawan adalah volume kendaraan yang cukup tinggi,” jelasnya.(Dhi)