oleh

Lusa, Tanjakan Tajur Lebak Dibuka untuk Kendaraan Kecil

Kabar6-Perbaikan tanjakan Tajur di Desa Curugpanjang, Kecamatan Cikulur, Jalan Sampay-Gunungkencana masih dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lebak.

Kepala Dinas PUPR Lebak, Irvan Suyatuvika, menyampaikan, penanganan kerusakan tanjakan yang sudah menyebabkan banyak kendaraan mengalami kecelakaan tersebut akan selesai dalam 2-3 hari ke depan.

“Mudah-mudahan lusa sudah bisa kita buka karena masih memasang capping beam sebagai pengikat sheet pile (Menahan tanah agar tidak longsor),” kata Irvan kepada Kabar6, di Rangkasbitung, Senin (18/7/2022).

Akan tetapi meski sudah dibuka, kata Irvan, selama satu minggu tanjakan tersebut belum bisa dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar.

“Iya baru kendaraan-kendaraan pribadi saja yang boleh, truk jangan lewat dulu. Setelah satu minggu baru bisa dilewati normal,” ujar Irvan.

Dinas PUPR, lanjut Irvan, harus memasang 12 tiang pancang dengan kedalaman tancap 13 meter untuk memperkuat tanah.

“Saat kami cek lapisan tanah pada kedalaman 8 meter itu keras, kemudian dipukul lagi sekitar 2 meter itu lembek. Sampai kemudian pada dalam 13 meter itu sudah benar-benar mentok,” papar Irvan.

**Baca juga: 3 Hari Hilang, Bocah Tenggelam di Sungai Cisimeut Lebak Ditemukan Meninggal

Dia yakin, perbaikan dengan memasang belasan tiang pancang pada area kerusakan sepanjang 10 meter dan lebar 7 meter bakal memperkuat lapisan tanah.

“Insya Allah itu kuat, di atas (Pancang) baru kemudian lapisan beton, dan di sisi kiri kanan jalan juga diberi penguatan tanah,” terangnya.(Nda)