oleh

Lukisan Bernilai Ratusan Miliar Ditemukan di Balik Dinding Setelah Hilang Sejak 1997 Silam

Kabar6-Setelah sempat dicuri seseorang hampir 23 tahun lalu, sebuah lukisan mahakarya seniman Gustav Klimt akhirnya berhasil ditemukan. Lukisan berjudul ‘Portrait of a Lady’ itu diambil dari sebuah galeri di kota Piacenza pada 1997 lalu.

Lukisan tersebut diyakini telah hilang selamanya. Namun bulan lalu, melansir theguardian, seorang tukang kebun menemukan lukisan tadi tersembunyi di balik dinding eksternal dalam galeri yang sama. Nilai lukisan ‘Portrait of a Lady’ diperkirakan sebesar Rp900 miliar.

Otoritas Italia belum mengetahui mengapa lukisan tersebut ternyata masih berada di Ricci Oddi Gallery of Modern Art. “Saya dengan senang hati dapat mengumumkan kepada kalian semua bahwa lukisan ini asli,” kata Jaksa Ornella Chicca.

Diungkapkan, uji coba lebih lanjut akan mengklarifikasi apakah lukisan itu telah ditaruh di balik dinding sejak dicuri, atau baru disimpan belakangan ini. Setelah uji coba selesai dilakukan, maka ‘Portrait of a Lady’ akan kembali dipamerkan di galeri.

Untuk menentukan keaslian karya Klimt, tim ahli memeriksa lukisan di bawah sinar inframerah dan ultraviolet. Hasil pemeriksaan kemudian dibandingkan dengan uji coba yang pernah dilakukan pada 1996.

“Perbandingan dua citra menunjukkan bahwa lukisan tersebut merupakan karya orisinal,” jelas Guido Cauzzi, pakar karya seni. ** Baca juga: Ini Lho Hobi Unik Orang Terkaya di Dunia

Secara umum, dikatakan Cauzzi, kondisi lukisan itu relatif baik. Cauzzi menilai, lukisan tersebut hanya perlu mendapatkan beberapa perawatan rutin agar dapat kembali ke kondisi semula.

Lukisan Portrait of a Lady pada 1916-1917 dibuat oleh Klimt, seorang seniman asal Wina, Austria. Karyanya dibeli Giuseppe Ricci Oddi pada 1925, dan disimpan di galeri hingga dicuri seseorang pada 22 Februari 1997.(ilj/bbs)

Berita Terbaru