oleh

Lucu, Sekelompok Berang-berang Bantu Nelayan Bangladesh Tangkap Ikan

Kabar6-Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menangkap ikan. Nah nelayan di selatan Bangladesh menjadikan binatang berang-berang sebagai teman untuk membantu menangkap ikan lebih banyak. Uniknya, cara ini telah dilakukan secara turun temurun.

Tempat nelayan yang terletak sekira 130 kilometer dari Bangladesh ini, dikutip dari beritauaja, setiap hari pergi ke sungai dengan sebuah kelompok berang-berang, yang akan menggiring ikan ke dalam sebuah perangkap berupa jaring. Teknik ini telah diwariskan selama berabad-abad, sehingga nelayan sangat bergantung kepada bantuan hewan tersebut

“Tugas kita tergantung kepada berang-berang. Mereka melihat ikan di antara tanaman, lalu mengejar dan menggiringnya ke dalam jaring yang telah kami siapkan,” kata salah seorang nelayan benama Shashudhar Biswas.

Cara ini ternyata mampu meningkatkan hasil tangkapan. Nelayan bisa membawa pulang puluhan kilogram ikan setiap harinya, temasuk udang dan kepiting. Sayangnya dalam 50 terakhir ini, menangkap ikan dengan berang-berang telah mengalami penurun hingga 90 persen.

Selain itu, populasi ikan juga kian menurun akibat meningkatnya polusi di dalam air sendiri, sehingga ikan sangat sulit untuk berkembang biak. Sementara berang-berang, untuk satu kelompok yang terdiri dari dua dewasa dan tiga anaknya, menghabiskan ikan sekira 3-4 kilogram per hari. ** Baca juga: Ikan Kerapu Terbesar di Manchester Miliki Berat Sekira 192 Kilogram

Cara menangkap ikan menggunakan metode ini diyakini nelayan akan punah, jika populasi ikan kian surut. Terkadang banyak nelayan yang melepaskan berang-berang milik mereka untuk meningkatkan populasi berang-berang itu sendiri.(ilj/bbs)

Berita Terbaru