oleh

Lucu, Nanas Pinky Hasil Rekayasa Genetik

Rose, si nanas pinky.(CNN Indonesia)
Rose, si nanas pinky.(CNN Indonesia)

Kabar6-Salah satu buah yang bentuknya unik adalah nanas dengan daging buah berwarna kuning dan aroma yang khas. Namun nanas yang satu ini memiliki daging buah yang berbeda dari biasanya.

Ya, nanas pinky ini merupakan hasil rekayasa genetik di laboratorium perusahaan makanan Del Monte Fresh Produce. Dikutip dari CNN Indonesia, FDA yang merupakan badan POM Amerika meloloskan izin untuk penjualan nanas dengan daging buah berwarna pink, yang diberi nama rose.

Untuk mengubah daging buah menjadi berwarna pink, nanas ini disuntik dengan likopen, yaitu senyawa alami yang berfungsi sebagai antioksidan sekaligus pemberi warna merah, umumnya banyak terdapat pada tomat.

Menurut perusahaan makanan pencipta rose, nanas generasi baru tersebut memiliki rasa lebih manis dengan tekstur seperti nanas pada umumnya. Perusahaan ini bekerjasama dengan pemerintah Kosta Rika untuk menjadi ladang nanas merah muda.

Pihak produsen nanas, dikatakan FDA, telah memberikan keterangan kepada ilmuwan FDA tentang karakteristik varietas tersebut, sifat dan efek dari perubahan genetik, potensi tak terduga atau tidak diinginkan, dan penilaian gizi.

Michael Gregoire, dari bidang regulasi bioteknologi di Animal and Plant Health Inspection Service (APHIS) USDA mengatakan tanaman ini tidak akan berdampak bagi lingkungan.

“Buah nanas varietas Del Monte Rose ini tidak memiliki kemampuan menyebar atau tetap di alam setelah mereka dipanen,” kata Gregoire. ** Baca juga: Wuih..Ada 163 Spesies Baru dari Wilayah Mekong

Nanas berwarna pink ini sebenarnya sudah ada di alam, yaitu nanas merah atau Ananas bracteatus. Namun nanas ini berbeda spesies dengan nanas buah serta merupakan tanaman hias dan tidak bisa dikonsumsi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru