oleh

Lucu, Ada Varietas Baru Alpukat ‘Leher Panjang’

Kabar6-Alpukat merupakan buah yang lezat dan bergizi tinggi. Sebagian orang percaya, buah ini merupakan super food karena kandungan nutrisinya, tapi banyak juga yang menjauhinya karena takut kandungan lemaknya bisa bikin gemuk.

Dalam alpukat terkandung vitamin C, E, K, asam folat, serta potasium. Buah ini juga mengandung lemak sehat dan serat. Dalam 100 gram alpukat, kandungan kalorinya sekira 160 gram.

Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Alpukat memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah alpukat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

Jika biasanya bentuk alpukat menyerupai kendil yang memanjang, hanya seukuran kepalan tangan orang dewasa dan memiliki biji yang besar, namun varietas yang satu ini memiliki bentuk yang sungguh unik.

Alpukat Leher Panjang atau Long Neck Avocado ini, melansir Detik, ditanam oleh produsen buah Miami Fruit di wilayah Miami, Florida, Amerika. Disebutkan, alpukat panjang ini merupakan hasil bercocok tanam para petani di Florida Selatan, yang mampu menanam puluhan buah varietas unik yang tidak bisa ditemui di wilayah Amerika lainnya.

“Ini merupakan alpukat panjang, yang tumbuh di Miami. Buah ini 100 persen organik. Sulit untuk ditemukan di toko biasa, karena jenis alpukat ini tidak dijual secara bebas. Karena di Florida, para petani punya kepuasan sendiri setelah berhasil menanam varietas pangan yang unik,” jelas perusahaan Miami Fruit, yang terkenal memasarkan buah-buah unik.

Mereka mengaku banyak orang yang sengaja datang dari seluruh penjuru dunia, berusaha untuk mendapatkan bibit alpukat ini untuk ditanam. Jenis alpukat panjang ini sebenarnya berasal dari Nicaragua, Amerika Tengah. Kini mulai dikembangkan oleh para petani di Florida, dan juga penggemar buah.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, buah alpukat ini merupakan jenis Pura Vida yang bisa tumbuh hingga 45cm hingga satu meter. Untuk memenuhi rasa penasaran dari para penggemar alpukat, Miami Fruit mulai menjual alpukat panjang ini secara online. ** Baca juga: ‘Salju Semangka’ Selimuti Taman Nasional Yosemite di Amerika Serikat

Harga satu kotak alpukat panjang ini sekira Rp671 ribu hingga paket besar seharga Rp2.812.726, yang berisi alpukat seberat 2,7 kg.(ilj/bbs)

Berita Terbaru