oleh

Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Merak Terjadi Malam Ini

Gerbang Tol Merak.(bbs)

Kabar6-PT Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, memprediksi kemacetan panjang bakal terjadi pada ruas jalan menuju Pelabuhan Merak pada Rabu (4/5/2016) malam nanti.

Sedianya, kemacetan itu akan dipicu oleh lonjakan volume kendaraan yang akan menyeberang menuju Pulau Sumatera.

Kondisi itu seiring dengan hari libur panjang, mulai dari kenaikan Isa Almasih pada Kamis (5/5/2016), dan Isra` Mi`raj pada Jumat (6/5/2016) yang berlanjut dengan libur akhir pekan, Sabtu dan Minggu (7 dan 8/5/2016).

“Macet sekitar jam delapan sampai jam sembilan malam ini. Peningkatan mencapai 100 sampai 200 persen,” kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario S Oetomo, saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya.

Pihak ASDP Indonesia Ferry Merak memperkirakan jumlah penumpang pejalan kaki berjumlah 8.000 ribu orang dari hari biasanya yang hanya empat ribu orang. Sedangkan kendaraan pribadi diperkirakan bakal mencapai hingga 3.500 unit. **Baca juga: Libur Panjang, Lonjakan Penumpang di Bandara Soetta Naik 40 Persen.

“Kita buat pola seperti lebaran. Padat dan sangat padat. Kondisi kapal kita persiapkan 28 kapal setiap harinya. Penumpang loketnya kita pindah ke depan, biar ga ada crowded, dari delapan jadi 12 loket, sedangkan mobil masih delapan, motor dari dua jadi lima loket,” terangnya. **Baca juga: Anda Bisa Cek Kondisi Lalin Tol Tamer Disini.

Pihaknya pun kini semakin intensif berkoordinasi dengan PT Marga Mandala Sakti (MMS) selaku operator jalan tol Tangerang-Merak (Tamer) guna mengantisipasi lonjakan penumpang secara dadakan. **Baca juga: Sore Ini Tol Tamer Bakal Dipadati 140 ribu Kendaraan.

“Kalau ada pergerakan yang cukup padat di Cikupa, MMS biasanya ngasih tau ke kita (ASDP). Rest area jadi kantong parkir, di beberapa titik ada papan informasi, di Balaraja dan di Pipitan ada pengumuman disitu,” tegasnya.(zis/sus)

Berita Terbaru