oleh

Listrik Padam di Brasil Bisa Sebabkan Ratusan Dosis Vaksin COVID-19 Dibuang

Kabar6-Program vaksinasi yang sedang berjalan di Kota Rio de Janeiro, Brasil, sepertinya akan mengalami hambatan, setelah ratusan dosis vaksin COVID-19 terancam dibuang karena rusak akibat dampak dari pemadaman listrik di kota tersebut.

Sebanyak 720 dosis vaksin CoronaVac buatan Sinovac Biotech, melansir Yahoonews, kemungkinan rusak karena suhu tempat penyimpanan tak sesuai persyaratan akibat listrik padam. Vaksin-vaksin tersebut disimpan di rumah sakit federal kawasan Bonsucesso.

Surat kabar pemerintah melaporkan, direktur rumah sakit langsung diberhentikan terkait kejadian ini. Pejabat otoritas kesehatan Rio de Janeiro masih memeriksa apakah masih ada vaksin CoronaVac yang bisa digunakan.

“Kami menyadari hal ini dan memprihatinkan. Kami sedang membuat solusi untuk memperkuat aturan dan protokol,” jelas Carlos Alberto Chaves, Menteri Kesehatan Negara Bagian Rio de Janeiro.

Diketahui, Brasil bergantung pada vaksin buatan Tiongkok tersebut. Negara Amerika Latin itu juga sudah menerima dua juta dosis vaksin AstraZeneca asal Inggris yang segera digunakan. ** Baca juga: Berniat Prank dengan Berpura-pura Merampok, Seorang YouTuber Ditembak Mati

Presiden Brasil Jair Bolsonaro berjanji mempercepat vaksinasi bagi semua masyarakat, meskipun dia sendiri menolak disuntik. Upaya itu dilakukan di tengah penyediaan vaksin yang tidak merata dan gelombang infeksi kedua.

Para kritikus mengatakan, peluncuran vaksin yang lambat menjadi masalah baru penanganan pandemi COVID-19 di Brasil.(ilj/bbs)

Berita Terbaru