oleh

Lima Mitos Tentang Tidur yang Masih Banyak Dipercaya

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.

Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Bukan saja karena kelelahan, tidur merupakan kebiasaan dan pola hidup. beberapa hal tentang tidur masih banyak dipercaya, padahal kebenarannya belum terbukti.

Apa saja sih lima mitos tentang tidur tersebut? Dikutip dari Dreamers, berikut uraiannya:

1. Obat tidur tidak berbahaya
Dalam beberapa laporan kasus, ada jenis obat tidur yang memiliki efek samping yang membuat peminumnya bersikap aneh, seperti menyukai makanan kucing, menyetir sambil tidur, dan lainnya.

Meskipun obat tidur yang dikonsumsi tidak berefek se-ekstrem itu, National Institute of Health sudah mewanti-wanti bahwa orang yang mulai mengonsumsi obat tidur sebenarnya hanya akan mendapat tambahan tidur selama 15 menit dalam semalam.

2. Minuman berenergi membuat tubuh kuat sepanjang hari
Mengkonsumsi minuman berenergi memang dapat memberikan suntikan semangat sementara waktu yang membuat tubuh terjaga siang atau malam hari. Tapi hal ini tak bisa menutupi dampak negatifnya, bahwa kurang tidur akan meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan kenaikan berat badan.

3. Menonton TV membantu cepat tidur
Pendapat ini salah besar. Faktanya, cahaya yang berpendar dari layar televisi mengurangi kadar melatonin dalam tubuh. Padahal secara alami melatonin diproduksi untuk membuat manusia mudah terlelap. ** Baca juga: Boleh Konsumsi Gorengan, Asal…

4. Cepat tidur, cepat bangun, membuat orang sehat, makmur dan bijaksana
Faktanya, yang paling bijaksana adalah jika kita memenuhi kebutuhan kuantitas waktu tidur dan taat pada rutinitas kapan waktu tidur dan kapan waktu bangun sepanjang minggu. Intinya adalah bagaimana untuk memenuhi kebutuhan waktu tidur. Karena memaksakan tidur pada bukan waktunya akan mengakibatkan rasa lemas dan berkurangnya produktivitas.

5. Tetap di tempat tidur meski tak bisa tidur
Saat kita terbangun dari tidur di malam hari dan mencoba kembali untuk tidur namun tidak bisa, jangan memaksakan diri untuk tidur di tempat yang sama. jika dalam 20 menit tak bisa kembali tidur, bangunlah dan pindah ke ruangan lain. Biarkan ruangan gelap dan hindari kegiatan yang membutuhkan cahaya seperti membaca dan membuka gadget.

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru