oleh

Lima Kesalahan yang Bikin Diet Anda Gagal

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat menjalankan program diet, kebanyakan orang tanpa sadar seringkali melakukan beberapa kesalahan. Alhasil diet ketat yang dijalani sama sekali tidak membuahkan hasil.

Sebenarnya apa sajakah sih kesalahan yang dapat membuat diet Anda gagal? Dikutip dari Beautynesia, berikut uraiannya:
1. Berusaha terlalu keras
Meskipun menginginkan bentuk tubuh ideal, Anda pun tak lantas harus melakukan diet sangat ketat/keras yang justru akan membuat stres. Ingat, tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan pola hidup sehat yang akan Anda jalani.

Mulailah secara bertahap dengan mengatur pola makan sehat, bukan dengan mengurangi jadwal makan yang membuat berat badan menurun secara drastis. Kondisi ini justru bisa mengganggu proses metabolisme tubuh, sehingga membuat berat badan tak kunjung turun.  

2. Melewatkan sarapan
Saat menjalani program diet, Anda mungkin sering melewatkan sarapan, dengan tujuan mengurangi asupan kalori. Padahal kebiasaan tersebut kurang tepat. Melewatkan sarapan pagi akan membuat Anda merasa lapar, sehingga saat makan siang Anda akan cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan karena perut kosong dalam waktu yang lama.

3. Konsumsi jus buah terlalu banyak
Mengonsumsi jus buah memang diperbolehkan, namun perhatikan berapa yang Anda konsumsi. Buah memiliki kandungan gizi yang bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Sayangnya beberapa buah juga memiliki kandungan gula tinggi yang bisa memengaruhi kadar gula darah. Selain itu, jika terlalu banyak dikonsumsi, buah memiliki kandungan serat yang dapat memperlambat penyerapan dalam tubuh.

4. Kurang tidur
Kurang tidur dapat mengganggu kesehatan. Sebuah studi juga menyebutkan bahwa kurang tidur ternyata dapat membuat seseorang mengonsumsi makanan berlemak lebih banyak.
 
5. Konsumsi makanan olahan
Selain lezat, makanan olahan seperti french fries, sosis, nugget sangat praktis karena penyajiannya tidak membutuhkan waktu lama. Namun jika Anda sedang menjalankan program diet sebaiknya hindari makanan olahan.

Alasannya, kebanyakan makanan jenis ini mengandung sedikit antioksidan dan serat. Selain itu, juga memiliki kadar natrium tinggi sehingga mengganggu diet yang sedang Anda jalankan. Disarankan agar Anda memasak makanan menggunakan bahan alami. ** Baca juga: Telat Makan Siang Bikin Berat Badan Susah Turun

Jadi perhatikan pola makan dan pola hidup agar diet Anda tidak sia-sia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru