oleh

Lima Hal yang Terjadi Ketika Anda ‘Pensiun’ Pakai High Hells

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Nyaris sebagian besar wanita gemar mengenakan high heels atau sepatu hak tinggi. Selain mendukung postur tubuh menjadi lebih ramping, high heels juga menambah rasa percaya diri.

Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa keuntungan yang bisa didapat jika berhenti menggunakan bahkan ‘pensiun’ memakai high heels? Dikutip Dreamers dari Women’s Health Mag, berikut uraiannya:

1. Kaki memanjang
Para peneliti dalam studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Applied Physiology 2012, menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan memakai sepatu hak tinggi cenderung memiliki langkah kaki yang pendek, baik saat menggunakan sepatu hak tinggi maupun tidak.

Mereka pun memiliki otot betis yang pendek. Hal ini disebabkan karena saat menggunakan hak tinggi, pergelangan kaki tidak sepenuhnya meregang ke panjang alami kaki.

2. Punggung terasa lebih baik
Saat menggunakan hak tinggi, tekanan pada otot-otot tulang belakang semakin meningkat. Jika Anda berhenti menggunakan high heels, posisi tulang belakang akan otomatis kembali ke tempat semula, sekaligus mengurangi tekanan yang menyebabkan nyeri punggung.

3. Tumit menjadi sakit
Tak hanya membuat otot betis memendek, penggunaan high heel juga membuat tendon Achilles pendek. Dijelaskan Krista Archer, dokter pengobatan podiatri, saat kembali menggunakan sepatu flat, tentu kaki akan kembali ke sudut 90 derajat, dan membuat tendon tersebut berada pada ketegangan yang paling kuat.

Hal ini akan membuat tumit terasa nyeri dan butuh waktu hitungan hari, minggu, bahkan bulan untuk membuatnya normal kembali dan tidak terasa sakit lagi.

4. Sakit lutut hilang
Pusat gravitasi, saat memakai high heels, akan sedikit bergeser atau condong ke depan dari tempat seharusnya. Hal itu berarti ada tekanan berlebih pada tendon dan ligamen lutut dan menyebabkan nyeri. Ketika Anda berhenti memaki high heels, penderitaan ini pun ikut berakhir.

5. Keseimbangan tubuh meningkat
Sebuah studi di maskapai penerbangan Korea Selatan pada 2015 menemukan bahwa beberapa tahun memiliki kebiasaan menggunakan sepatu hak tinggi bisa menyebabkan ketidakseimbangan kekuatan antara otot sisi pergelangan kaki dengan otot depan dan belakang. ** Baca juga: Jerawat Bisa Bikin Awet Muda?

Sudah siap pensiun memakai high heels kesayangan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru