oleh

Lidahmu Kesehatanmu

Kabar6-Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui bahwa kondisi beberapa bagian tubuh seperti mata, kuku, kulit dan lain-lain dapat menjadi indiktor penyakit tertentu yang diderita tubuh.

 

Namun tahukah Anda, ada satu bagian tubuh yang bahkan mungkin tidak pernah dihiraukan yang berbicara tentang kesehatan Anda? Bagian tubuh itu adalah lidah.

 

Mendiagnosis penyakit dan kondisi berdasarkan warna dan tekstur lidah sudah menjadi bagian pokok pengobatan di Tiongkok dan Barat. Jadi bukan tanpa alasan kalau petugas medis meminta pasien untuk membuka mulut dan mengucapkan kata “Aaaaaaaa.”

 

Nah berikut ciri-ciri lidah yang menunjukkan kesehatan Anda:

 

1. Permukaan lidah halus dan pucat. Lidah umumnya sedikit bergelombang. Apabila lidah Anda halus, kemungkinan merupakan pertanda Anda kekurangan zat besi atau vitamin B12. ** Baca juga: Yuk Konsumsi Ini Agar Tidur Nyenyak

 

2. Lidah berubah warna menjadi hitam atau lidah seakan berbulu (bukan berarti benar-benar tumbuh rambut). Hal ini disebabkan sekresi yang telah terakumulasi pada permukaan dan menjadi gelap.

 

Kondisi ini merupakan sebuah peringatan agar Anda menjaga kebersihan mulut. Kesehatan mulut yang buruk memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung.

 

Kondisi lidah yang hitam bisa menjadi merupakan tanda infeksi jamur.

 

3. Lidah terasa bengkak dan agak besar, bisa jadi menunjukkan bahwa Anda memiliki hipotiroidisme. Artinya, Anda kurang memproduksi hormon tiroid yang cukup, yang membuat metabolisme menurun dan tak berenergi.

 

4. Lidah pecah-pecah, terdapat retakan atau lekukan pada permukaan atau sisi lidah, mungkin Anda memiliki gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan yang terbentuk salah mengidentifikasi benda asing. Di mana sel, jaringan atau organ tubuh manusia justru dianggap sebagai benda asing sehingga dirusak oleh antibodi.

 

5. Lidah berwarna putih kemungkinan pertanda infeksi jamur, yang menunjukkan ada sesuatu yang mengganggu tingkat alami jamur yang melawan bakteri di mulut.

 

6. Sering sariawan cenderung menunjukkan bahwa Anda sedang stres, atau baru mengonsumsi makanan pedas, atau sedang demam atau flu, dan sistem kekebalan tubuh Anda bekerja di luar batas waktu.

 

Jadi jangan pernah mengabaikan kondisi lidah Anda ya.(ilj)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru