oleh

Libur Lebaran, Volume Sampah di Tangsel Naik 100 Persen

Kabar6-Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), melansir bahwa selama musim liburan Lebaran ini volume sampah mengalami peningkatan.

Hal ini akibat daya beli dan konsumsi masyarakat tengah meningkat dibandingkan biasanya.

“Meningkat 100 persen dibanding hari biasa,” ungkap Kepala Bidang Kebersihan, Yepi Suherman, saat dihubungi wartawan, Senin (12/8/2013).

Menurut Yepi, peningkatan volume sampah terlihat di pasar-pasar tradisional, seperti Ciputat, Pamulang, Jombang hingga ke Pasar Serpong.

Jika setiap harinya mencapai 1600 meter kubik per hari termasuk sampah dari kalangan rumah tangga, meningkat hingga 2200 meter kubik.

Yepi memastikan penumpukan sampah tidak bakal terjadi. Soalnya petugas terus disiakan bekerja selama Lebaran.

Tidak kurang 58 dum truk sampah dan 14 mobil pick up serta 170 petugas kebersihan bertugas mengangkut sampah menjelang dan selama Idul Fitri.

“Petugas yang kami siagakan tidak libur, mereka tetap bekerja selama Lebaran. Makanya kami menjamin tidak ada penumpukan, meski volume sampah meningkat 100 persen dibanding hari biasa,” ujarnya.

Dijelaskan, petugas kebersihan bahkan saat takbiran bekerja hingga pukul 4 subuh, dan berlanjut hingga pagi hari sesudah sholat Ied.
Intensitas sampah, lanjutnya, mengalami penurunan sesudah Idul Fitri. Ini terjadi karena sebagian warga Tangsel banyak yang mudik lebaran. “Petugas bekerja hingga hari ketiga sesudah Idul Fitri,” ungkapnya.

Kata dia, volume sampah paling banyak berada di pasar tradisional dengan peningkatan hampir dua kali lipat, disusul sampah dipemukiman penduduk dan pasar swalayan. Sementara sampah terbanyak di wilayah Kecamatan Pamulang.

Menurutnya tingginya volume di Pamulang lantaran wilayah tersebut jumlah penduduknya paling banyak dibanding wilayah lainnya di Kota Tangsel.

Yepi tidak heran bila volume sampah meningkat hingga dua kali lipat. Hal ini memang biasa terjadi jelang idul fitri, ditambah jumlah penduduk di Tangsel yang terus mengalami peningkatan setiap tahun.

“Disini kan daerah urban yang penduduknya terus meningkat. Maka itu setiap lebaran sampah disini pasti naik hingga 100 persen,” katanya.

Sebelumnya kepada kabar6.com, Kepala DKPP Kota Tangsel, M Taher Rochmadi, mengaku selama bulan Ramadhan hingga musim libur Lebaran volume sampah tidak mengalami peningkatan.

Ia telah melarang jajarannya yang bertugas dilapangan untuk mengambil cuti demi menghindari terjadinya penumpukan sampah.(yud)
______________________________

_________

Berita Terbaru