oleh

Libur Lebaran 2022, Tiga Skenario Lalu Lintas Destinasi Wisata di Banten

Kabar6-Selama enam hari libur Lebaran 1443 Hijriah destinasi wisata pantai di Provinsi Banten bakal dikunjungi masyarakat. Kepolisian daerah setempat telah merancang tiga skenario pengaturan arus lalu lintas supaya lancar.

Direktur Lalu Lintas Polda Banten, Kombes Budi Mulyono mengatakan, situasi hijau ketika arus lalu lintas normal. Maka personel melakukan pengaturan seperti biasa.

“Situasi kuning terjadi ketika ada antrian kendaraan hingga depan PT. Chandra Asri, maka diberlakukan one way traffic,” katanya, Selasa (3/5/2022).

Kemudian, lanjut Budi, situasi merah terjadi ketika kepadatan kendaraan hingga ke simpang JLS. Maka rekayasa lalu lintas akan dilakukan dengan buka tutup dan one way traffic.

“Situasi di lapangan tentu sangat dinamis, tiap personel harus paham cara bertindak pada check point masing-masing dengan orientasi solusi pada kelancaran arus lalin,” kata Budi.

Waktu masyarakat beraktivitas di pantai juga menjadi atensi Polda Banten. Personel akan aktif berpatroli di pantai dan mengimbau masyarakat untuk paling lama beraktivitas hingga 17.00 Wib di area pantai.

“Sehingga aktivitas masyarakat selanjutnya lebih diutamakan di hotel atau tempat penginapan masing-masing, dengan demikian mobilitas pengunjung pada malam hari tidak tumpah di jalan,” jelas Budi.

**Baca juga: Ini Petunjuk Menuju Destinasi Wisata Pantai di Banten

Sementata itu, Kabid Humas Polda Banten, Kombes Shinto Silitonga, juga mengimbau pengunjung untuk tetap waspada bencana untuk antisipasi dampak aktivitas Gunung Anak Krakatau yang sejak Minggu (24/04/2022) lalu sudah pada level III atau siaga.

“Prioritas pada keselamatan masyarakat, Polda Banten akan memonitor informasi aktivitas Gunung Anak Krakatau dan pengunjung agar tetap waspada bencana,” imbaunya.(yud)