oleh

LHP BPK Disclaimer, LSM Mapan Desak Rano Mundur

Kabar6-Sejumlah elemen masyarakat mendesak Plt. Gubernur Banten, Rano Karno, agar segera meletakkan jabatannya dan hengkang dari Tanah Jawara tersebut.

 

Pasalnya, “Bang Doel” sapaan akrab orang nomor satu di Banten ini, dinilai sudah tak layak lagi memimpin daerah itu.

 

“Kami desak Rano, agar segera mengundurkan diri, karena dia tak mampu pimpin Banten,” ungkap Ketua LSM Masyarakat Pemantau Anggaran Negara (Mapan), Saepudin Juhri, kepada Kabar6.com, Selasa (2/6/2015).

 

Menurutnya, ketidakmampuan Bang Doel dalam memimpin daerah yang ditinggalkan Gubernur nonaktif Ratu Atut Chosiyah, karena terlibat sejumlah kasus korupsi, tampak jelas dan tak terbantahkan.

 

Banten, kata dia, selama dua tahun berturut- turut mendapatkan penilaian disclaimer dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas buruknya kinerja pemimpinnya dalam mengelola keuangan daerah.

 

“Inilah bukti bahwa Rano Karno enggak becus urus Banten. Kalau sudah begini, apalagi yang bisa di harapkan. Masak hanya jual tampang doang,” katanya.

 

Kritik senada dilontarkan Sekretaris LSM Barisan Independen Anti Korupsi (BIAK), Abdul Rafik, pihaknya menyoroti masih tingginya angka korupsi di daerah itu,

 

Ini, terlihat dari banyaknya temuan BPK, ihwal menguapnya uang rakyat yang tak bisa dipertanggungjawabkan penggunaannya. ** Baca juga: Bang Doel “Kusut”, Polda Banten Selidiki LHP Disclaimer

 

“Rano, sudah gagal. Sebaiknya sekarang dia mundur secara terhormat sebelum rakyat memaksanya. Dia, harus gentle dan mengakui kelemahannya, jangan memaksakan diri,” tegas pria yang akrab disapa Opik ini.(din)

Berita Terbaru