oleh

Lewat Tanggal Kedaluwarsa, Masih Amankan Produk Makanan Dikonsumsi?

Kabar6-Banyak orang yang sering membuang makanan sebelum masa kedaluwarsa, salah satunya karena sistem tanggal kedaluwarsa yang dianggap membingungkan, termasuk untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, seperti keracunan makanan.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), melansir Womantalk, tanggal kedaluwarsa pada produk makanan (kecuali susu bayi) sebenarnya bukan indikator keamanan makanan sama sekali. Tanggal kedaluwarsa itu hanya merupakan saran dari produsen makanan mengenai kapan produk mereka paling baik dikonsumsi.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang keburu membuang makanan, padahal masih aman untuk dikonsumsi. Karena itulah, setiap orang disarankan untuk membiasakan diri membaca label makanan dan memahami maknanya. Berikut penjelasannya:

1. Sell-by
Artinya berapa lama penjual memajang produknya sebelum menyingkirkannya lagi dari rak. Ini pun tidak mengindikasikan keamanannya.

2. Best Before
Istilah ini juga kerap disalahartikan. Best Before atau ‘Baik Digunakan Sebelum’ tidak mengindikasikan kapan produk paling baik dikonsumsi dari sisi keamanan, melainkan dari kualitas makanannya. Jadi, artinya kapan sebuah produk memiliki citarasa atau kualitas terbaiknya.

3. Guaranteed Fresh
Biasanya digunakan pada produk-produk bakery. Maknanya adalah kapan puncak kesegaran sebuah produk, tetapi masih aman untuk dimakan sesudah tanggal tersebut.

4. Use By
Hal ini menunjukkan tanggal terakhir yang direkomendasikan oleh produsen makanan pada kualitas terbaiknya. Khusus pada susu bayi, hal ini menandakan keamanan produknya.

5. Pack Date
Label ini memang tidak mudah dipahami. Orang mungkin mengira kode tiga angka tersebut menunjukkan hari dalam setahun saat produk dikemas. Misalnya, 001 berarti tanggal 1 Januari. Lalu 365 berarti tanggal 31 Desember. Padahal kode yang biasanya ditemukan pada wadah telur ini menunjukkan tanggal makanan dicuci, dinilai, dan dikemas.

6. Freeze By
Tanggal ini menunjukkan kapan sebuah produk harus dibekukan untuk menjaga kualitas terbaiknya selama produk itu dibekukan.

Lantas, kapan kita tahu makanan yang tanggal kedaluwarsanya sudah lewat itu memang sudah tidak layak dikonsumsi? Hal yang perlu diperhatikan terutama adalah ketika ada tanda-tanda pembusukan.

Menurut USDA, jika tanggal sudah lewat selama penyimpanan di rumah, sebuah produk seharusnya masih aman jika ditangani secara semestinya sampaikan pembusukan terlihat jelas.

Aroma kurang enak, berjamur, serta cita rasa atau tekstur yang berubah, biasanya terjadi pembusukan oleh bakteri. ** Baca juga: Ini Plus Minus Olahraga Pagi dan Malam Hari

Jadi, jangan malas baca label yang tertera pada produk makanan, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru