oleh

Lewat Lagu ‘Urang Ka Baduy’, Penyanyi Muda Tegar Gunawan Ingin Lestarikan Budaya

Kabar6-Ingin menjaga dan melestarikan budaya menjadi tujuan Tegar Gunawan seorang penyanyi/musisi muda asal Cihujan, Kabupaten Lebak, Banten, menciptakan lagu berjudul ‘Urang Ka Baduy’.

Oleh penyanyi berparas tampan yang akrab dipanggil Awan, lagu ‘Urang Ka Baduy’ dinyanyikan perdana bersama lagu ‘Anjeun’ yang juga ciptaannya di panggung Festival Seba Baduy, Rangkasbitung, Lebak, pada 5-7 Mei 2022 lalu.

“Sebenarnya proses lagu ini sudah lama tapi karena ada beberapa hal baru bisa dirilis tahun ketiga ini. Lagu ini ingin mengangkat dan melestarikan budaya yang dimiliki oleh Suku Baduy yang punya banyak keunikan, keindahan alam dan kearifan budayanya,” kata Awan saat berbincang dengan Kabar6.com, Minggu (22/5/2022).

Sebagai musisi, Awan tentu berharap karyanya ini disukai banyak orang. Lewat lagu tersebut, lajang kelahiran Februari 1998 ini ingin mengajak masyarakat yang hanya mengetahui Baduy dari media sosial untuk datang berkunjung sekaligus belajar dari kearifan masyarakat Baduy di Desa Kanekes, Leuwidamar, Lebak.

“Di cerita lagu nya kan menceritakan suasana dan masyarakat Baduy kayak gimana, kilasannya begitu,” ucap Awan.

“Dan ada pesan-pesan yang memang bagus banget, ini sebenarnya lebih general ya kayak misalkan ada amanat buyut sama pikukuh Baduy, kayak ‘Gunung teu meunang dilebur, Lebak teu meunang dirusak’ itu kan sangat general sekali, dan itu poin pentingnya menyampaikan ke semua orang untuk ikut menjaga lingkungan,” tutur jebolan Seni Musik Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ini.

**Baca juga: Dinkes Lebak: Dua Ribu Orang Harus Ulang Vaksinasi COVID-19

Lagu tersebut juga menjadi pembuktian Awan sebagai generasi muda yang ingin berkontribusi untuk tanah kelahirannya melalui karya-karyanya sebagai penyanyi dan musisi. Bukan hanya dua lagu tersebut, ke depan akan ada lagi lagu yang bakal ia ciptakan untuk mengangkat wisata di Lebak.

“Aku membuat ini karena tuh sebagai generasi muda aku harus punya sesuatu nih untuk Lebak. Semoga ini mendorong anak muda lain tergerak kreatif dan berani lagi. Aku enggak berfikir persaingan ya, tapi bagaimana lebih mengapresasi dan mendukung anak muda lainnya bisa lebih kreatif lagi, lewat fashion, movie dan lain-lain. Karena enggak ada alasan ya buat kita anak muda untuk berdiam diri,” kata dia.(Nda)