oleh

Lewat Internet Pelajar Asal Jepang Ini Jual Material Bom Nuklir

Kabar6-Pada November 2017, seorang siswa SMA berusia 16 tahun di Jepang menarik perhatian karena menjual uranium di situs lelang Yahoo. Dalam situs itu, dia memajangnya dengan judul ‘Uranium 99,9 persen’.

Bahkan, dia berhasil mengubah uranium itu jadi yellowcake, material bom nuklir. Perbuatannya ini, melansir SCMP, membuat siswa yang tidak disebutkan namanya tadi ditangkap dan diadili dengan dakwaan atas pelanggaran undang-undang pengendalian bubuk mesiu karena membuat bahan peledak seberat 2,4 gram di rumahnya. Penjualan itu dilaporkan oleh Badan Regulasi Nuklir Jepang ke kepolisian pada Januari 2018. Beberapa orang yang melakukan kontak soal penjualan uranium itu pun ikut diinterogasi polisi.

Penyelidik tidak mengungkapkan apakah bijih uranium miliknya dibeli di Jepang atau dari luar negeri. Namun penyelidik menyebut, remaja itu berhasil memproses beberapa uranium tadi menjadi yellowcake, bubuk konsentrat yang bisa dikayakan untuk bahan bakar atau bom nuklir.

Remaja Jepang ini juga melelang Yellowcake di internet. Lance Gatling, pengamat keamanan dan senjata di lembaga think-tank Gatling Associates di Tokyo, meyakini remaja itu tidak punya maksud buruk. Gatling menduga, remaja tersebut hanyalah penggila kimia yang sedang coba-coba.

“Ini bukan kasus terorisme. Sejujurnya, kalian tidak akan percaya apa yang akan dilakukan penggila kimia. Banyak dari mereka yang membuat gas sarin di kamar mandi,” kata Gatling. Sarin adalah gas kimia berbahaya dalam senjata pemusnah massal. Ditambahkan Gatling, kadar uranium yang dimiliki remaja itu sangat kecil dan tingkat radioaktifnya sangat rendah. ** Baca juga: Prancis Pernah Punya Warga yang Hobi Makan Kaca & Besi

Namun aparat di Jepang menangani kasus ini dengan serius. Badan Regulasi Nuklir Jepang memerintahkan situs-situs lelang di internet melarang penjualan material nuklir.(ilj/bbs)

Berita Terbaru