oleh

Letak Jerawat & Kondisi Kesehatan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya.

Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,”Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.”

Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.
 
Dikutip dari laman allforfashiondesign.com, berdasar pengobatan tradisional Tiongkok, ternyata jerawat di wajah akan menunjukkan masalah kesehatan pada tubuh kita. Berikut penjelasannya:
 
1. Jerawat pada dahi
Berhubungan dengan kesehatan kandung kemih dan usus kecil. Ada ketidakseimbangan atau masalah pada kandung kemih juga usus kecil.

Penyebab jerawat di dahi ini biasanya karena kita mengonsumsi makanan yang sulit dicerna, minuman beralkohol, gula, terlalu banyak begadang dan stres.
 
2. Jerawat antara alis (atas hidung) dan samping mata
Menunjukkan bahwa kita sedang mengalami masalah kesehatan hati. Penyebabnya adalah mengonsumsi terlalu banyak daging, makanan berlemak atau memang alergi terhadap beberapa jenis makanan.
 
3. Bawah mata
Kemungkinan besar ada masalah dengan ginjal. Biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok, minuman beralkohol, kulit wajah kotor dan karena menderita lemah jantung. ** Baca juga: Hormon Apa Saja yang Terkait Penurunan Berat Badan?
 
4. Sekitar hidung
Menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami masalah kesehatan pada jantung. Penyebabnya adalah karena pencemaran udara, kamar tertutup yang lembab, masalah pencernaan yang membuat usus atau perut bagian dalam bengkak, kurang menghirup udara segar dan pola makan yang tidak sehat.
 
5. Pipi & dagu
Menunjukkan bahwa kita sedang mengalami masalah pada paru-paru. Penelitian beberapa ilmuwan mengatakan bahwa penyebab jerawat ini adalah karena asma, polusi udara, kebiasaan merokok dan tubuh yang kurang gerak.
 
Jika ingin memastikan, segera lakukan pemeriksaan di dokter atau klinik terdekat. Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru