oleh

Lemming, Hewan Pengerat yang Sering Lakukan ‘Bunuh Diri’ Massal

Kabar6-Lemming merupakan hewan pengerat yang dapat ditemukan di dekat Kutub Utara, Skandinavia dan Rusia bagian barat laut. Tubuh lemming terlihat mirip seperti hamster berbulu tebal, dengan ukuran rata-rata 15 cm.

Tubuh lemming bulat dan padat dengan ekor yang pendek. Lemming termasuk jenis hewan herbivora yang sebagian besar memakan lumut dan rumput, buah beri, daun, pucuk, akar dan umbi. Meski terkadang hewan ini ditemui memangsa serangga, terlebih di musim panas.

Salah satu keunikan hewan ini, melansir Indozone, adalah perilaku mereka yang melakukan ‘bunuh diri’ massal dengan melompati tebing dan terjun ke laut. Namun bunuh diri massal itu bukan dalam arti sebenarnya, melainkan bermigrasi dengan melompati tebing. Kepadatan populasi mereka mendorong lemming untuk bermigrasi.

Lemming sesungguhnya dapat berenang dan menyeberangi perairan untuk mencari habitat baru jika kondisi perairan dangkal dan sempit. ** Baca juga: Tiongkok Gunakan Teknologi AI untuk Lacak Warganya yang Tidak Pakai Masker di Tempat Umum

Namun banyak lemming yang tenggelam saat melompat ke laut karena kondisi air yang luas dan dalam. Perilaku ini telah menyebabkan salah paham bahwa lemming melakukan bunuh diri massal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru