oleh

Lemak di Perut Tidak Selalu ‘Jahat’

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Nyaris sebagian besar orang menganggap bahwa lemak di perut merupakan momok yang menakutkan, tidak hanya dari segi kesehatan, tapi juga untuk penampilan Namun ada satu jenis lemak perut yang beda alias tidak ‘jahat’.

Lemak bernama omentum merupakan salah satu lemak yang ada di perut, memiliki peran penting dalam sistem imun. Jenis lemak ini dimiliki oleh semua orang, tidak peduli berapa berat badannya.

Omentum, dikutip Detik, adalah jenis lemak yang membentang dalam perut, menghubungkan organ-organ yang ada di dalam perut. Namun tidak hanya sel lemak yang ada di sana, melainkan juga sekumpulan sel-sel imun yang tampak sebagai ‘milky spots’ karena berwarna keputihan.

Menurut penelitian terbaru di Trends in Immunology, seperti dikutip dari Livescience, bintik-bintik keputihan itu mempunyai fungsi istimewa, yaitu menyaring cairan, mengumpulkan sel-sel, antigen dan bakteri, lalu memberikan suatu respons imun.

Diketahui, omentum awalnya ditemukan oleh seorang dokter bedah di Inggris pada awal 1900-an. Ia mendapati, omentum memegang peran dalam mengurangi inflamasi pada membran tipis yang melapisi rongga perut, dan membantu mempercepat penyembuhan pada luka operasi. ** Baca juga: Beberapa Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Tubuh Lemas

Namun fungsi omentum juga bisa merugikan, terutama dalam interaksinya dengan sel kanker. Disebutkan, kanker pada omentum memang langka, tapi kanker lain bisa menyebar ke omentum dalam proses metastasis. Bahkan, menjadi tempat persebaran paling umum dari kanker gastrointestinal dan ovarium.(ilj/bbs)

Berita Terbaru