oleh

Leher, Bagian Tubuh yang Jangan Terlewatkan

ilustrasiKabar6-Bagian tubuh yang sering terlewatkan salah satunya adalah leher. Maklum, kebanyakan perempuan lebih fokus pada perawatan wajah. Padahal, leher pun memerlukan perawatan khusus, terlebih untuk perempuan yang sudah tidak muda lagi.

 

 

Seiring bertambahnya usia, elastisitas leher akan berkurang, sehingga tidak lagi kencang alias mengendur. Kondisi leher seperti itu tentu saja akan mengganggu penampilan Anda.

 

Leher memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit dibanding bagian tubuh lain. Usia yang bertambah salah satunya akan membuat kolagen dan serat elastin pada leher menjadi berkurang, sehingga leher mengalami pengenduran.

 

Salah satu keluhan perempuan adalah turkey chin alias leher kalkun. Kondisi ini ditandai dengan mengendurnya otot platysma, yaitu jaringan otot yang dangkal atau tipis di bagian leher. Elastisitas dan kekenyalan otot platysma akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia, sementara kulit yang melapisi otot akan tetap bertahan seperti sediakala.

 

Salah satu solusi yang dapat dilakukan agar leher tetap kencang adalah tindakan bedah atau platysmaplasty, yang dapat membuat wajah terlihat lebih muda. Biasanya dapat bertahan hingga 5-10 tahun.

 

Setiap tindakan biasanya mengandung Efek samping. Demikian pula dengan platysmaplasty, yang dapat membuat bentuk wajah menjadi tidak sama, tekstur kulit menjadi tidak rata, serta terjadi perbedaan warna kulit.

 

Jika Anda bukanlah orang yang berani berhadapan dengan pisau bedah, menjaga kekencangan kulit dengan olahraga leher atau menggunakan cream khusus untuk leher, dapat menjadi solusi yang tepat.(ilj)

**Baca juga: Waspada…! Aritmia Jantung Bisa Picu Stroke.

Berita Terbaru