oleh

Ledakan di Krakatau-Posco Terdengar Sampai Merak

Kabar6-Ledakan di pabrik baja terpadu, Krakatau-Posco di Kota Cilegon, Provinsi Banten, Senin (15/12/2014) kemarin, diduga dipicu adanya percikan air yang masuk ke dalam tungku pembakaran baja cair.

“Merujuk hasil pengecekan TKP (Tempat Kejadian Perkara), dugaan sementara ledakan dipicu adanya tumpahan air saat besi cair dituangkan ke converter. Tapi kita belum tahu sumbernya (air) dari mana,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Cilegon, Rachmatullah, Selasa (16/12/2014).

Ya, suara ledakan dari pabrik baja patungan antara pemerintah Indonesia dengan Korea tersebut bahkan terdengar hingga Pelabuhan Merak yang berjarak sekitar 12 kilometer.

Efeknya, terjadi kerusakan serius pada bangunan areal Steel Making Plant (SMP), terutama pada dinding sejumlah bangunan.

Bahkan, tak hanya pakaian para pekerja Krakatau-Posco hangus terbakar, melainkan juga sampai kulit. “Korban mengalami luka serius akibat percikan baja cair sehingga mengalami luka bakar dikaki dan tangan,” terangnya. **Baca juga: Krakatau Posco Cilegon Meledak.

Guna menyelidiki penyebab pasti pemicu ledakan, pihak Kepolisian dari Kota Cilegon turun tangan melakukan penyelidikan. Namun, karena alasan keamanan, aparat kepolisian Polres Cilegon belum di ijinkan memasuki lokasi ledakan.

“Kita masih belum dapat memasuki persis lokasi ledakan, karena menurut tim teknis Krakatau Posco mengatakan masih berbahaya,” kata Kapolres Cilegon, AKBP Defrian Donimando.(tmn/din)

Berita Terbaru