oleh

Leclair, Gadis Kanada yang Punya Kaki Kanan Seberat 18 Kg

Kabar6-Isa-Bella Leclair (19) lahir dengan kondisi genetik yang disebut Parkes Weber Syndrome (PWS), menyebabkan kaki kanannya membengkak. Diketahui, Leclair lahir dengan mutasi langka dari gen RASA-1 yang menyebabkan kelenjar getah bening di kakinya tidak berfungsi.

Cairan limfatik dalam tubuhnya masuk ke kaki dan karena kelenjar getah beningnya tidak bekerja dengan benar, cairan itu tetap ada di sana dan membuat kakinya membengkak. Parkes Weber Syndrome (PWS) sendiri merupakan penyakit bawaan yang langka yang hadir sejak lahir.

Kondisi tersebut, melansir huffingtonpost, membuat Leclair kesulitan untuk berolahraga atau memakai celana jeans, lantaran kaki kanannya kini memiliki berat sekira 18 kg. Namun, Leclair berusaha menantang standar kecantikan modern dengan menunjukkan kepercayaan dirinya.

Benar saja, berkat kegigihannya, Leclair berhasil memenangkan gelar dalam sebuah kontes kecantikan di kota kelahirannya Campbellton, New Brunswick, Kanada. ** Baca juga: Unik, Pria AS Cetak Surat Resign Dirinya di Atas Kue

Wanita muda itu berharap, pencapaian tadi bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kondisinya. “Kondisi saya tidak mendefinisikan saya dan saya tidak akan membiarkan hal itu menghentikan saya dari mengenakan baju renang yang lucu atau gaun cantik,” kata Leclair.

Bagi Leclair, kepercayaan adalah bagian yang paling penting karena ketika orang melihat seseorang percaya diri tentang tubuh mereka, bahkan meski dia cacat, mereka tidak akan mengasihani orang tersebut melainkan malah mengaguminya.(ilj/bbs)