oleh

Lebak Target 1 Juta Wisatawan, Begini Strategi Dispar

Kabar6-Pada tahun 2019, sebanyak 1 juta wisatawan ditarget mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Lebak.

“Target tahun 2018 sebanyak 750 ribu wisatawan memang tidak tercapai dampak bencana tsunami Selat Sunda,” kata Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Lebak, Oktavianto Arief kepada Kabar6.com, Selasa (22/1/2019).

Okta mengatakan, pemasaran wisata melalui event akan terus digenjot, terutama event-event berskala Nasional yang meskipun event bukan digelar Dispar.

“Misalnya Festival Seni Multatuli atau Kemah Wisata Api Literasi. Nah, ini konsepnya kita kemas agar diminati wisatawan,” jelas Okta.

Pameran-pameran di luar daerah ujar Okta menjadi promosi paling efektif. Di samping itu, sebanyak 1400 eksemplar Calender of Event 2019 yang disebar, seperti di terminal 3 kedatangan Bandara Soekarno-Hatta, hotel dan beberapa daerah di Indonesia juga diharapkan mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Kalender ini agar wisatawan tahu bahwa bulan ini ada event ini kemudian bulan selanjutnya event yang lain. Kemudian penataan zonasi Pantai Sawarna dan wisata budaya Baduy,” ujarnya.

Okta menyebut, ada 26 destinasi wisata di Kabupaten Lebak. Sementara, potensi tidak kurang sebanyak 170.

“Kelemahannya, banyak destinasi wisata yang belum lapor ke kami akibatnya kunjungan wisatawan ke lokasi itu tidak terdata,” ucapnya.**Baca juga: Warga Bosan Jalan Raya Ceger Langganan Terendam Banjir.

Lebih lanjut Okta mengatakan, butuh sinergitas OPD lain dan stakeholder kepariwisataan untuk mendukung Visi Bupati dan Wakil Bupatu Lebak 2019-2024 ‘Lebak sebagai Destinasi Wisata Unggulan Nasional Berbasis Potensi Lokal’.(Nda)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru