oleh

Lebak Tambah Satu Puskesmas DTP Tahun Ini

Kabar6-Puskesmas Dengan Tempat Perawatan (DTP) di Kabupaten Lebak tahun ini akan ditambah. Total sudah 26 Puskesmas DTP yang telah dibangun oleh Pemkab Lebak.

“Ya, tahun ini ada penambahan satu Puskesmas DTP, Puskesmas Pamandegan, Kecamatan Cikulur,” kata Kepala Dinkes Lebak, Maman Sukirman kepada Kabar6.com, Rabu (16/1/2019).

Kemudian, Puskesmas yakni Puskesmas Cimarga dan Cirinten mengalami perbaikan. Lalu Puskesmas Prabugantungan dan Maja dari DAK afirmasi.

“Semua Puskesmas baik yang sudah dan belum DTP harus 24 jam khususnya untuk tindakan persalinan maupun kegawatdaruratan,” ujarnya.

Sukirman menuturkan, peningkatan fasilitas di tiap Puskesmas terus menerus ditingkatkan sesuai dengan Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas.**Baca juga: Disnaker Kabupaten Tangerang Bakal Monitoring UMK 2019.

“Jadi Puskemas yang belum DTP bisa merawat tetapi hanya sifatnya recovery. Penyakit diare misalnya, diinfus 2 atau 3 jam paling lama 1 hari dipulangkan itu recovery. Kalau sudah lebih satu hari ya dirujuk ke DTP, dibawa ke DTP setempat, begitu rujukan estafet,” papar Sukirman.(Nda)

Berita Terbaru