oleh

Lebak Sebar 800 Rapid Test Covid-19 ke Empat Rumah Sakit

Kabar6-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak sudah menerima alat rapid test virus Corona atau Covid-19. Sementara ini, Lebak hanya menerima 800 alat rapid test dari pemerintah.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebak, dr Firman Rahmatullah, alat rapid test sudah didistribusikan ke 4 rumah sakit.

“Sesuai permintaan sudah didistribusikn ke RSUD Adjidarmo, RSUD Malingping, RS Kartini dan RS Misi,” kata Firman, Senin (30/3/2020).

Firman menjelaskan, dengan sedikitnya jumlah alat yang diterima, rapid test sangat tidak mungkin dilakukan secara massal di kabupaten yang berpenduduk 1 juta jiwa lebih.

“Dilaksanakannya oleh masing-masing rumah sakit terhadap pasien dalam pengawasan (PDP). Tentu saja, dengan kondisi seperti ini, mau tidak mau setiap rumah sakit harus menyiapkan ruang isolasi,” terang Firman.

**Baca juga: Bupati Lebak Negatif Covid-19 Setelah Isolasi Mandiri 14 Hari.

Firman mengatakan, tidak seluruh puskesmas bisa melakukan rapid test. Rapid tes hanya dilakukan oleh puskesmas yang terdapat orang dalam pemantauan (ODP) dengan gejala dan PDP.

“Kemarin kami susun alur SOP untuk pemeriksaan ODP dan PDP. Analis puskesmas juga harus diberikan pengetahuan terlebih dahulu bagaimana menggunakannya karena ini kan alat yang baru buat mereka,” jelas Firman.(Nda)

Berita Terbaru