oleh

Lebak punya Potensi Tinggi Jadi Kawasan Geopark

Kabar6-Tim Percepatan Pengembangan Geopark Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menilai, Kabupaten Lebak memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi kawasab Geopark.

Menurut Yunus, pengembangan pariwisata geopark ini akan mudah diwujudkan bila melibatkan seluruh stackholder dari mulai perencanaan sampai dengan pelaksanaan.

“Geopark sangat berpotensi meningkatkan devisa negara. Jadi kami harus mengedukasi masyarakat agar lebih siap dan menjadi lebih baik, disiplin, tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak, sehingga bangga akan warisan keanekaragaman alam dan budaya,” papar Yunus Kusumabrata, di Rangkasbitung, Rabu (15/5/2019).

Geopark ujar Yunus bertujuan memuliakam bumi agar rakyat sejahtera melalui kegiatan konservatif, edukatif dan ekonomi kreatif.

“Geopark sebagai manajemen kawasan merupakan instrumen handal untuk menjaga dan melawan kerusakan lingkungan selain dapat mensejahterakan rakyat dan mengurangi kemiskinan. Geopark juga merupakan sarana merubah perilaku manusia menjadi lebih baik,” papar Yunus.

Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya optimis, menjadikan Lebak sebagai daerah tujuan wisata Nasional.

**Baca juga: Pedagang Pasar Badak Pandeglang Keluhkan Sewa Kios Mahal.

Menurutnya potensi alam serta Geopark di Kabupaten Lebak tidak kalah menariknya dengan geopark yang ada di dunia.

“Potensinya ada semua, inilah yang menjadikan kita optimis untuk menjadikan Kabupaten Lebak menjadi kawasan Geopark, sebetulnya mungkin ini adalah ide gila saya dan pak wakil, tetapi mimpi dan harapan harus setinggi mungkin agar dengan mimpi itu kita bisa bersinergi dan agar masyarakat juga bisa ikut tergerak untuk ikut membangunnya,” paparnya. (Nda)

Berita Terbaru