oleh

Lebak Belajar Tata Kelola BUMDes ke Panggungharjo Bantul

Kabar6-Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta dipilih Pemkab Lebak untuk belajar mengenai manajeman dan tata kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Sabtu (16/11/2019).

Bukan tanpa alasan Pemkab Lebak memilih Panggungharjo. Pasalnya, BUMDes Panggung Lestari merupakan BUMDes yang meraih penghargaan 4th ASEAN Leadership Award on Rural Development and Poverty Eradication.

“Tidak salah kami hadir ke sini untuk belajar dan menggali lebih jauh bagaimana manajemen dan tata kelola BUMDes,” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam siaran pers.

Iti melihat, yang diraih Panggungharjo selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebak dengan visi sebagai destinasi wisata unggulan Nasional berbasis potensi lokal melalui 5 misi.

**Baca juga: Disdukcapil Lebak Jemput Bola, Buka Layanan Keliling di Leuwidamar.

“Di tengah era yang semakin cepat, desa harus semakin adaptif dan kreatif dalam menyikapi perkembangan zaman. Pemkab Lebak terus mendorong setiap desa agar mampu memberikan keunggulan komparatif yang berbasis kearifan lokal dan menjadi ikon yang bisa mengenalkan desa ke dunia luar, sehingga mampu menjadi desa mandiri,” papar Iti.

Dari studi banding tersebut, Pemkab Lebak akan menyusun rencana kerja pengembangan BUMDes dan menjadikan Panggungharjo sebagai role model untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.(Nda)

Berita Terbaru